Kamis, 26 Juni 2008

Macam-macam USB Device

Dengan 4 hingga 6 buah port USB, terkadang jumlah tersebut telah dirasa kurang, hal ini disebabkan karena semakin banyak jenis devais USB(alat yang menggunakan USB port sebagai media antarmuka dengan komputer). Kemudahan penggunaan USB, tidak saja mempopulerkan port USB tetapi juga mempopulerkan devais-devais USB. Tanpa keberadaan USB mungkin bentuk mp3 player tidak sesederhana bentuknya saat ini.
Berikut adalah sejumlah alat yang merupakan USB devais.

1. Flash Disk
Flashdisk adalah USB devais yang paling popular, keberadaannya menggantikan peran disket sebagai penyimpan data pribadi. Kapasitasnya cukup besar dan semakin hari harganya makin murah.

2. MP3 Player
MP3 player selain berfungsi sebagai mesin untuk mendengarkan file mp3, sekaligus dapat digunakan sebagai media penyimpan seperti flash disk.

3. Harddisk eksternal
Harddisk eksternal berfungsi sebagai media penyimpan dengan kapasitas yang besar, sama seperti harddisk pada umumnya. Harddisk eksternal yang umum ditemui adalah sebuah harddisk laptop yang dilengkapi konektor USB agar dapat digunakan setiap saat, tanpa perlu melakukan proses restart, seperti apabila kita menggunakan hardisk internal.





4. Kamera Digital
Kamera dijital menyimpan data hasil foto ke dalam file dijital. Umumnya kamera dijital juga telah dilengkapi dengan konektor ke USB.

5. Ipod Nano
Ipod Nano pada dasarnya adalah sebuah mp3 player dengan sejumlah kelebihan seperti kualitas suara yang dihasilkannya sangat baik.



6. Mouse dan keyboard USB
Mouse dan kibor saat ini juga telah banyak yang menggunakan USB sebagai port interface ke komputer.

7. Hub USB
Hub USB adalah alat yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah USB devais yang dapat dikoneksikan ke komputer dengan cara menyediakan port USB tambahan.





yang telah beralih menggunakan port USB sebagai media koneksi ke komputer, handycam dijital juga telah menggunakan USB untuk memindahkan film digital. Alat lain yang relative baru muncul adalah Infra red receiver/transmitter atau Bluetooth receiver/transmitter yang juga menggunakan USB sebagai port antarmuka. Dan masih banyak lagi alat-alat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment please on My Blog WORLD SECRET