Sabtu, 03 Oktober 2009

4 Person in your life..

Empat orang yang akan kamu temui dalam hidup

Hidup adalah proses menemukan cinta, setiap orang perlu menemukan 4 orang dalam hidupnya:

Orang pertama adalah kamu,
Kedua adalah orang yang sangat kamu cintai,
Ketiga adalah orang yang sangat mencintai kamu,
Keempat adalah orang yang dengan siapa kamu menghabiskan sisa hidupmu.

Dalam hidup, pertama kamu akan bertemu dengan orang yang sangat kamu cintai dan belajar bagaimana rasanya cinta itu.
Karena kamu sudah tau rasanya cinta, kamu dapat menemukan orang yang sangat mencintaimu.
Setelah kamu mengalami bagaimana rasanya mencintai dan dicintai, kamu akan tahu apa yang paling kamu inginkan.
Kemudian kamu akan mencari orang yang cocok denganmu, yang dengan siapa kamu bisa menghabiskan sisa hidupmu.

Sedihnya, dalam kenyataan hidup, ketiga orang ini biasanya bukan orang yang sama.

Orang yang sangat kamu cintai tidak mencintaimu.
Orang yang sangat mencintaimu, bukan orang yang sangat kamu cintai.
Dan orang yang dengan siapa kamu menghabiskan sisa hidupmu, bukan orang yang sangat kamu cintai dan bukan orang yang sangat mencintaimu.
Dia hanyalah orang yang kamu temukan diwaktu dan di tempat yang tepat.

Yang manakah kamu dalam kehidupan orang lain?

Tidak ada orang yang hatinya dengan sengaja berubah.
Pada saat dia mencintaimu, dia sungguh-sungguh mencintaimu.
Tapi saat dia tidak lagi mencintaimu, maka dia sungguh-sungguh tidak mencintaimu lagi.
Ketika dia mencintaimu, dia tidak bisa berpura-pura tidak mencintaimu.
Sama halnya saat dia tidak mencintaimu lagi, dia tidak mungkin berpura-pura mencintaimu.

Ketika seseorang tidak mencintaimu dan ingin meninggalkanmu, kamu harus bertanya pada dirimu apakah kamu masih mencintainya.
Jika ternyata kamu juga tidak mencintainya lagi, jangan mempertahankannya hanya demi harga diri.
Jika kamu masih mencintainya, kamu harus mendoakan kebahagiaannya dan berharap dia akan bersama orang yang sangat dia cintai, jangan halangi dia.
Jika kamu menghalanginya menemukan kebahagiaanya bersama orang yang dia cintai, itu sudah menunjukkan kalau kamu tidak mencintainya.
Dan jika kamu tidak mencintainya, hak apakah yang kamu miliki untuk menyalahkannya atas perubahan hatinya?

Cinta tidak harus memiliki, jika kamu suka bulan, kamu tidak dapat mengambilnya begitu saja dan memasukkannya ke baskom. Tapi sinar rembulan masih bersinar untukmu.
Dengan kata lain, ketika kamu mencintai seseorang, kamu tidak bisa menggunakan cara lain untuk memilikinya. Biarkan dia menjadi memori permanen dalam hidupmu.
Jika kamu sungguh-sungguh mencintai seseorang, kamu harus mencintainya sebagaimana adanya. Cintailah sifat baik dan buruknya.
Dengan alasan kamu mencintainya, kamu tidak bisa berharap dia menjadi seperti yang kamu inginkan Jika dia tidak bisa berubah menjadi seperti yang kamu inginkan, maka kamu tidak mencintainya lagi.

Ketika kamu sungguh-sungguh mencintai seseorang, kamu tidak bisa menemukan alasan kenapa kamu mencintainya. Kamu hanya tahu bahwa dimana pun dan kapan pun, saat baik atau buruk, kamu ingin orang tersebut berada didekatmu.
Cinta sejati adalah saat dua orang yang dapat melalui masalah-masalah tersulit tanpa meminta janji atau daftar kriteria.
Dalam satu hubungan, kamu harus berusaha dan memberikan waktu, tidak selalu di posisi penerima. Terpisah satu sama lain merupakan satu ujian, jika hubunganmu tidak kuat, kamu akan mengaku kalah.
Cinta sejati tidak akam pernah menjadi benci.

Ketika 2 orang saling jatuh cinta, mereka suka membuat janji dan sumpah.
Mengapa mereka saling meminta janji dan sumpah? Karena mereka tidak percaya satu sama lain, mereka tidak percaya pasangan mereka. Janji dan sumpah tidak ada gunanya; sampai langit rubuh, sampai laut kering, cintaku padamu tidak akan berubah.
Semua orang tau kalau langit tidak akan pernah rubuh, laut tidak akan pernah kering, lagipula, saat itu terjadi apakah kita masih hidup?

Berhati-hatilah jika berjanji, jangan memberi janji yang tidak bisa kamu pegang, jangan bersumpah demi sesuatu yang tidak akan pernah terjadi. Karena sumpah itu tidak akan pernah terjadi, jadi tidak
berbahaya jika menyebutnya begitu saja.
Ingatlah, berjanji demi sesuatu yang tidak akan pernah terjadi adalah hal yang paling menyentuh perasaan!! Dalam satu hubungan, apa yang kamu katakan adalah satu hal, tapi apa yang kamu lakukan adalah hal lain.





Minggu, 16 Agustus 2009

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

Pengantar
Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis
utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus
berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan
data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer
yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data,
membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya
mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.
Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :
1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan
teknologi informasi.
2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran
informasi.
3. Muatan informasi atau content informasi, yang menjadi faktor
pendorong utama implementasi teknologi informasi.
Kenyataan sejarah dunia mencatat masing – masing dari ketiga matra
penyusun teknologi informasi di atas, pada awalnya berkembang saling
terpisah. Teknologi komputer berkembang dalam lingkup matematika dan
cenderung lebih teoritis. Teknologi telekomunikasi berkembang luas dalam
dunia bisnis dan ekonomi menjadi pilar pendukung teknologi transportasi
dalam revolusi industri. Sedangkan ilmu informasi muncul pada awal perang
dunia II. Kemenangan dan kekalahan sebuah pasukan di medan perang dunia
II ditentukan oleh akurasi informasi. Setelah itu, konsep ilmu informasi
berkembang pesat. Sehingga 3 (tiga) matra penyusun teknologi informasi
tersebut mulai berkembang secara konvergen mengikuti konsep ilmu
informasi yang semakin matang.
Penemuan teknologi komputer sejak awal dimakudkan untuk membantu
meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya Internet yang mampu menyebarkan
informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu.
Perkembangan teknologi komunikasi juga mengalami kemajuan yang
pesat dari mulai ditemukannya telegraph (sistem komunikasi digital jarak
jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876, sambungan telepon jarak
jauh menggunakan satelit pada tahun 1952 hingga telepon seluler digunakan
secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni
membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai
tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi
Informasi bermunculan dengan cepat. Berikut ini adalah daftar rangkaian
kejadiannya.
Tabel 1 Perkembangan teknologi informasi mulai tahun 1994

Tahun 1994 ·
Peristiwa Penting
Apple dan IBM mengenalkan PC dengan aplikasi video yang
telah built in di dalam PC.
· Wireless data untuk computer portable yang kecil, dan penemuan
Web browser Mosaic.
· Netscape pertama kali diluncurkan di internet.
· Radio internet pertama di dunia muncul dari Las Vegas, Amerika
Serikat.
· Perampokan pertama di internet diumumkan terjadi, dilakukan
dari St. Petersburg di Rusia dengan sasaran Citibank di Amerika
antara bulan Juli dan Agustus.
· Iklan melalui e-mail pertama terjadi di usenet (news group)
dilakukan oleh Carter dan Siegal untuk mendaftarkan green card.
· Rancangan penjelajahan 3 (tiga) dimensi pertama.
· Pemesanan Pizza pertama di dunia oleh Pizza Hut
(www.pizzahut.com).
· Bank virtual pertama yaitu FIRS virtual dengan alamat
www.Fv.com dan www.firsvirtual.com.


Tabel 1 Perkembangan teknologi informasi mulai tahun 1994

Tahun

Peristiwa Penting

1994

· Apple dan IBM mengenalkan PC dengan aplikasi video yang telah built in di dalam PC.

· Wireless data untuk computer portable yang kecil, dan penemuan Web browser Mosaic.

· Netscape pertama kali diluncurkan di internet.

· Radio internet pertama di dunia muncul dari Las Vegas, Amerika Serikat.

· Perampokan pertama di internet diumumkan terjadi, dilakukan dari St. Petersburg di Rusia dengan sasaran Citibank di Amerika antara bulan Juli dan Agustus.

· Iklan melalui e-mail pertama terjadi di usenet (news group) dilakukan oleh Carter dan Siegal untuk mendaftarkan green card.

· Rancangan penjelajahan 3 (tiga) dimensi pertama.

· Pemesanan Pizza pertama di dunia oleh Pizza Hut (www.pizzahut.com).

· Bank virtual pertama yaitu FIRST virtual dengan alamat www.Fv.com dan www.firsvirtual.com.

1995 ·

· Radio Hongkong menjadi radio yang on line 24 jam sehari melalui internet.

· Go publik perusahaan dotcom pertama (Netscape) pada bulan Agustus.

1996

· Muncul Web TV

1997

· Jaringan komputer semakin berkembang luas. Domain internet yang muncul melebihi 1,3 juta buah.

1998

· Host di internet melampaui lebih dari 30 juta.

· Perangko pertama di dunia dijual on line oleh US Postal. E-commerce dipopulerkan oleh Bill Clinton lewat pertemuan APEC di Malaysia

· Home video komputer meledak di seluruh dunia.

· Media penyimpanan video berubah dari tape ke bentuk optik

1999

· Muncul aplikasi video phone.

· TV interaktif mulai digunakan untuk bermain game dan terhubung ke pemirsa lain, selain untuk kegiatan shopping.

2000-an

· Diperkirakan teleconference akan merubah perjalanan bisnis fisik yang dilakukan saat ini.

· HDTV mulai diluncurkan.

· "Black April" terjadi di bursa saham Nasdaq, yaitu jatuhnya harga saham besar-besaran di perusahaan dotcom dunia pada tanggal 17 April 2000.

2010-an

· Diperkirakan lebih dari 20% pekerja Amerika Serikat akan bekerja dari rumah memakai sistem komputer.

2012-an

· Diperkirakan warga Negara Amerika Serikat akan memilih presidennya dari rumah mereka secara on line.

Sejarah Teknologi Informasi di Indonesia

Menurut catatan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI),

teknologi komputer baru diperkenalkan di Indonesia dalam kurun antara tahun waktu 1970-1972-an. Universitas Indonesia termasuk salah satu perguruan

tinggi pertama yang menjadi salah satu tempat pengenalan komputer di

Indonesia. Dari sinilah teknologi komputer mulai disebarluaskan di Indonesia.

Semua komunitas akademis perguruan tinggi dan industri Indonesia pernah

mendapatkan pengenalan teknologi komputer dari UI.

Untuk lebih jelas sejarah perkembangan teknologi informasi di

Indonesia setelah tahun 1972, bisa terlihat dalam tabel berikut ini.

Tabel 2 Sejarah teknologi informasi di Indonesia

Tahun

Peristiwa penting

1972 s/d 1975

· PUSILKOM UI mulai melakukan kegiatan operasional

komputasi di lingkungan kampus UI.

· UI mengirimkan 2 (dua) orang staf PUSILKOM ke

Amerika Serikat untuk melanjutkan studi tentang ilmu

komputer.

1975 s/d 1986

- UI kembali mengirimkan 4 (empat) orang staf PUSILKOM ke

Amerika Serikat untuk melanjutkan studi tentang ilmu

komputer.

1984

Beberapa jaringan teknologi informasi di Indonesia mulai

terhubung ke internet melalui jaringan UI-net. Jaringan

internet Indonesia pada saat itu berjalan di atas protokol UUC,

sedangkan umumnya menggunakan TCP/IP. Domain .id sudah

muncul dan diakui pada tahun ini.

1986-an

· Terbentuknya jaringan yang menghubungkan kampuskampus

besar Indonesia, mulai UI, ITB, UGM, ITS,

UNHAS, Universitas Terbuka dan Dirjen Pendidikan

Tinggi (Dikti) Depdikbud. Jaringan besar ini disebut

UNINET. Jaringan yang dibuat dengan bantuan dari luar

negeri ini menggunakan infratruktur jaringan telepon

kabel konvensional, SKDP milik PT Indosat, serta SKDP

via satelit (packsatnet). Ada 4 buah server yang dibuat dan

ditempatkan di lokasi ITB, UI, UGM, dan ITS.

· UI membuka program studi ilmu komputer pertama untuk

jenjang S-1.

· Adanya kegiatan Amatir Radio club (ARC) ITB yang

membangun jaringan internet dengan menggunakan

komputer Apple II dihubungkan dengan jaringan

komunikasi memakai link radio amatir untuk

mengoperasikan internet.

1988

Program studi ilmu komputer untuk jenjang S-2 dibuka di UI.

1988 s/d 1989

UI dipilih menjadi gateway internet pertama di Indonesia,

sekaligus sebagai koordinator pendaftaran domain .id internet

protokol berbasis UUC.

1990-an

Mulai dikembangkannya jaringan komputer dengan

menggunakan teknologi packet radio pada band 70 cm dan 2 m

secara luas.

1986 s/d 1993

PUSILKOM UI ditunjuk oleh Depdikbud sebagai salah satu

Pusat Antar universitas (PAU) dalam bidang ilmu komputer.

1993

· Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UI diresmikan

oleh Mendikbud.

· Indonesia secara resmi terhubung dengan internet

mengguankan protocol TCP/IP dan domain .id mulai

diakui keberadaanya di internet tepatnya pada tanggal 4

Maret 1993.

· IPTEKNET menjadi situs pertama yang resmi terhubung

dengan internet.

1994

Munculnya Internet Service Provider (ISP) pertama di

Indonesia yaitu indonet (www.indo.net.id

1995

· PT Telkom melalui divisi riset dan teknologi memberikan

sambungan leased line 14,4 Kbps sebagai bagian dari

IPTEKNET.

· Departemen Pekerjaan Umum tercatat sebagai instansi

departemen pemerintah Indonesia yang pertama kali on line (www.pu.go.id)

1996

· ITB terhubung ke jaringan penelitian Asia Internet

Interconnection Initiatives (AI3). Bandwidth internet pun

di tambah sampai 1,5 Mbps ke Jepang yang terus

ditambah dengan sambungan ke TelkomNet dan IIX 2

Mbps.

· Terbentuknya APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet

Indonesia) yang memfasilitasi munculnya banyak ISP.

· Munculnya layanan internet dial up dengan akses 33,6

Kbps.

1997

Layanan internet dial up mengalami kenaikan dari 33,6 Kbps

menjadi rata-rata 56 Kbps.

1998

Pemerintah daerah mulai masuk ke internet. Pemda pertama

yang melakukan koneksi ke internet adalah Pemerintah Daerah

Samarinda (www.samarinda.go.id).

1999

· Dikeluarkannya UU tentang telekomunikasi no. 36/1999.

· Inisiatif gerakan berbasis teknologi informasi mulai

mencapai puncaknya.

· Perusahaan dotcom dan media-media yang memiliki

segmen pendidikan teknologi informasi bermunculan di

Indonesia.

· Kegiatan promosi, pameran, seminar, dan konferensi

internasional teknologi informasi di selenggarakan secara

beruntun.

2002

Secara resmi pemerintah Indonesia meluncurkan portal

nasional pada tanggal 20 Mei 2002 dengan alamat

www.indonesia.go.id.


Jenis Aplikasi Teknologi Informasi

Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi

komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis

aplikasi tersebut adalah :

1. Aplikasi di bidang sains, Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).

2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa, Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.

3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi, Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.

4. Aplikasi di bidang administrasi umum, Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.

5. Aplikasi di bidang perbankan, Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.

6. Aplikasi di bidang pendidikan, Contohnya adalah e-learning (distance learning).

7. Aplikasi di bidang pemerintahan, Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).