world secret nich gue menguraikan masalah - masalah tentang kegiatan gue dalam bidang Technologi Komputer dan Jaringan.
Sabtu, 03 Oktober 2009
4 Person in your life..
Hidup adalah proses menemukan cinta, setiap orang perlu menemukan 4 orang dalam hidupnya:
Orang pertama adalah kamu,
Kedua adalah orang yang sangat kamu cintai,
Ketiga adalah orang yang sangat mencintai kamu,
Keempat adalah orang yang dengan siapa kamu menghabiskan sisa hidupmu.
Dalam hidup, pertama kamu akan bertemu dengan orang yang sangat kamu cintai dan belajar bagaimana rasanya cinta itu.
Karena kamu sudah tau rasanya cinta, kamu dapat menemukan orang yang sangat mencintaimu.
Setelah kamu mengalami bagaimana rasanya mencintai dan dicintai, kamu akan tahu apa yang paling kamu inginkan.
Kemudian kamu akan mencari orang yang cocok denganmu, yang dengan siapa kamu bisa menghabiskan sisa hidupmu.
Sedihnya, dalam kenyataan hidup, ketiga orang ini biasanya bukan orang yang sama.
Orang yang sangat kamu cintai tidak mencintaimu.
Orang yang sangat mencintaimu, bukan orang yang sangat kamu cintai.
Dan orang yang dengan siapa kamu menghabiskan sisa hidupmu, bukan orang yang sangat kamu cintai dan bukan orang yang sangat mencintaimu.
Dia hanyalah orang yang kamu temukan diwaktu dan di tempat yang tepat.
Yang manakah kamu dalam kehidupan orang lain?
Tidak ada orang yang hatinya dengan sengaja berubah.
Pada saat dia mencintaimu, dia sungguh-sungguh mencintaimu.
Tapi saat dia tidak lagi mencintaimu, maka dia sungguh-sungguh tidak mencintaimu lagi.
Ketika dia mencintaimu, dia tidak bisa berpura-pura tidak mencintaimu.
Sama halnya saat dia tidak mencintaimu lagi, dia tidak mungkin berpura-pura mencintaimu.
Ketika seseorang tidak mencintaimu dan ingin meninggalkanmu, kamu harus bertanya pada dirimu apakah kamu masih mencintainya.
Jika ternyata kamu juga tidak mencintainya lagi, jangan mempertahankannya hanya demi harga diri.
Jika kamu masih mencintainya, kamu harus mendoakan kebahagiaannya dan berharap dia akan bersama orang yang sangat dia cintai, jangan halangi dia.
Jika kamu menghalanginya menemukan kebahagiaanya bersama orang yang dia cintai, itu sudah menunjukkan kalau kamu tidak mencintainya.
Dan jika kamu tidak mencintainya, hak apakah yang kamu miliki untuk menyalahkannya atas perubahan hatinya?
Cinta tidak harus memiliki, jika kamu suka bulan, kamu tidak dapat mengambilnya begitu saja dan memasukkannya ke baskom. Tapi sinar rembulan masih bersinar untukmu.
Dengan kata lain, ketika kamu mencintai seseorang, kamu tidak bisa menggunakan cara lain untuk memilikinya. Biarkan dia menjadi memori permanen dalam hidupmu.
Jika kamu sungguh-sungguh mencintai seseorang, kamu harus mencintainya sebagaimana adanya. Cintailah sifat baik dan buruknya.
Dengan alasan kamu mencintainya, kamu tidak bisa berharap dia menjadi seperti yang kamu inginkan Jika dia tidak bisa berubah menjadi seperti yang kamu inginkan, maka kamu tidak mencintainya lagi.
Ketika kamu sungguh-sungguh mencintai seseorang, kamu tidak bisa menemukan alasan kenapa kamu mencintainya. Kamu hanya tahu bahwa dimana pun dan kapan pun, saat baik atau buruk, kamu ingin orang tersebut berada didekatmu.
Cinta sejati adalah saat dua orang yang dapat melalui masalah-masalah tersulit tanpa meminta janji atau daftar kriteria.
Dalam satu hubungan, kamu harus berusaha dan memberikan waktu, tidak selalu di posisi penerima. Terpisah satu sama lain merupakan satu ujian, jika hubunganmu tidak kuat, kamu akan mengaku kalah.
Cinta sejati tidak akam pernah menjadi benci.
Ketika 2 orang saling jatuh cinta, mereka suka membuat janji dan sumpah.
Mengapa mereka saling meminta janji dan sumpah? Karena mereka tidak percaya satu sama lain, mereka tidak percaya pasangan mereka. Janji dan sumpah tidak ada gunanya; sampai langit rubuh, sampai laut kering, cintaku padamu tidak akan berubah.
Semua orang tau kalau langit tidak akan pernah rubuh, laut tidak akan pernah kering, lagipula, saat itu terjadi apakah kita masih hidup?
Berhati-hatilah jika berjanji, jangan memberi janji yang tidak bisa kamu pegang, jangan bersumpah demi sesuatu yang tidak akan pernah terjadi. Karena sumpah itu tidak akan pernah terjadi, jadi tidak
berbahaya jika menyebutnya begitu saja.
Ingatlah, berjanji demi sesuatu yang tidak akan pernah terjadi adalah hal yang paling menyentuh perasaan!! Dalam satu hubungan, apa yang kamu katakan adalah satu hal, tapi apa yang kamu lakukan adalah hal lain.
Minggu, 16 Agustus 2009
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA
Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis
utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus
berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan
data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer
yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data,
membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya
mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.
Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :
1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan
teknologi informasi.
2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran
informasi.
3. Muatan informasi atau content informasi, yang menjadi faktor
pendorong utama implementasi teknologi informasi.
Kenyataan sejarah dunia mencatat masing – masing dari ketiga matra
penyusun teknologi informasi di atas, pada awalnya berkembang saling
terpisah. Teknologi komputer berkembang dalam lingkup matematika dan
cenderung lebih teoritis. Teknologi telekomunikasi berkembang luas dalam
dunia bisnis dan ekonomi menjadi pilar pendukung teknologi transportasi
dalam revolusi industri. Sedangkan ilmu informasi muncul pada awal perang
dunia II. Kemenangan dan kekalahan sebuah pasukan di medan perang dunia
II ditentukan oleh akurasi informasi. Setelah itu, konsep ilmu informasi
berkembang pesat. Sehingga 3 (tiga) matra penyusun teknologi informasi
tersebut mulai berkembang secara konvergen mengikuti konsep ilmu
informasi yang semakin matang.
Penemuan teknologi komputer sejak awal dimakudkan untuk membantu
meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya Internet yang mampu menyebarkan
informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu.
Perkembangan teknologi komunikasi juga mengalami kemajuan yang
pesat dari mulai ditemukannya telegraph (sistem komunikasi digital jarak
jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876, sambungan telepon jarak
jauh menggunakan satelit pada tahun 1952 hingga telepon seluler digunakan
secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni
membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai
tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi
Informasi bermunculan dengan cepat. Berikut ini adalah daftar rangkaian
kejadiannya.
Tabel 1 Perkembangan teknologi informasi mulai tahun 1994
Tahun 1994 ·
Peristiwa Penting
Apple dan IBM mengenalkan PC dengan aplikasi video yang
telah built in di dalam PC.
· Wireless data untuk computer portable yang kecil, dan penemuan
Web browser Mosaic.
· Netscape pertama kali diluncurkan di internet.
· Radio internet pertama di dunia muncul dari Las Vegas, Amerika
Serikat.
· Perampokan pertama di internet diumumkan terjadi, dilakukan
dari St. Petersburg di Rusia dengan sasaran Citibank di Amerika
antara bulan Juli dan Agustus.
· Iklan melalui e-mail pertama terjadi di usenet (news group)
dilakukan oleh Carter dan Siegal untuk mendaftarkan green card.
· Rancangan penjelajahan 3 (tiga) dimensi pertama.
· Pemesanan Pizza pertama di dunia oleh Pizza Hut
(www.pizzahut.com).
· Bank virtual pertama yaitu FIRS virtual dengan alamat
www.Fv.com dan www.firsvirtual.com.
Tabel 1 Perkembangan teknologi informasi mulai tahun 1994
Tahun | Peristiwa Penting |
|
1994 | · Apple dan IBM mengenalkan PC dengan aplikasi video yang telah built in di dalam PC. · Wireless data untuk computer portable yang kecil, dan penemuan Web browser Mosaic. · Netscape pertama kali diluncurkan di internet. · Radio internet pertama di dunia muncul dari · Perampokan pertama di internet diumumkan terjadi, dilakukan dari St. Petersburg di Rusia dengan sasaran Citibank di Amerika antara bulan Juli dan Agustus. · Iklan melalui e-mail pertama terjadi di usenet (news group) dilakukan oleh Carter dan Siegal untuk mendaftarkan green card. · Rancangan penjelajahan 3 (tiga) dimensi pertama. · Pemesanan Pizza pertama di dunia oleh Pizza Hut (www.pizzahut.com). · Bank virtual pertama yaitu FIRST virtual dengan alamat www.Fv.com dan www.firsvirtual.com. |
|
1995 · | · Radio Hongkong menjadi radio yang on line 24 jam sehari melalui internet. · Go publik perusahaan dotcom pertama (Netscape) pada bulan Agustus. | |
1996 | · Muncul Web TV | |
1997 | · Jaringan komputer semakin berkembang luas. Domain internet yang muncul melebihi 1,3 juta buah. | |
1998 | · Host di internet melampaui lebih dari 30 juta. · Perangko pertama di dunia dijual on line oleh · Home video komputer meledak di seluruh dunia. · Media penyimpanan video berubah dari tape ke bentuk optik | |
1999 | · Muncul aplikasi video phone. · TV interaktif mulai digunakan untuk bermain game dan terhubung ke pemirsa lain, selain untuk kegiatan shopping. | |
2000-an | · Diperkirakan teleconference akan merubah perjalanan bisnis fisik yang dilakukan saat ini. · HDTV mulai diluncurkan. · "Black April" terjadi di bursa saham Nasdaq, yaitu jatuhnya harga saham besar-besaran di perusahaan dotcom dunia pada tanggal 17 April 2000. | |
2010-an | · Diperkirakan lebih dari 20% pekerja Amerika Serikat akan bekerja dari rumah memakai sistem komputer. | |
2012-an | · Diperkirakan warga Negara Amerika Serikat akan memilih presidennya dari rumah mereka secara on line. | |
| |
Sejarah Teknologi Informasi di Indonesia
Menurut catatan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI),
teknologi komputer baru diperkenalkan di
tinggi pertama yang menjadi salah satu tempat pengenalan komputer di
Semua komunitas akademis perguruan tinggi dan industri
mendapatkan pengenalan teknologi komputer dari UI.
Untuk lebih jelas sejarah perkembangan teknologi informasi di
Tabel 2 Sejarah teknologi informasi di
Tahun | Peristiwa penting |
1972 s/d 1975 | · PUSILKOM UI mulai melakukan kegiatan operasional komputasi di lingkungan kampus UI. · UI mengirimkan 2 (dua) orang staf PUSILKOM ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi tentang ilmu komputer. |
1975 s/d 1986 | - UI kembali mengirimkan 4 (empat) orang staf PUSILKOM ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi tentang ilmu komputer. |
1984 | Beberapa jaringan teknologi informasi di terhubung ke internet melalui jaringan UI-net. Jaringan internet sedangkan umumnya menggunakan TCP/IP. Domain .id sudah muncul dan diakui pada tahun ini. |
1986-an | · Terbentuknya jaringan yang menghubungkan kampuskampus besar UNHAS, Universitas Terbuka dan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdikbud. Jaringan besar ini disebut UNINET. Jaringan yang dibuat dengan bantuan dari luar negeri ini menggunakan infratruktur jaringan telepon kabel konvensional, SKDP milik PT Indosat, serta SKDP via satelit (packsatnet). ditempatkan di lokasi ITB, UI, UGM, dan ITS. · UI membuka program studi ilmu komputer pertama untuk jenjang S-1. · Adanya kegiatan Amatir Radio club (ARC) ITB yang membangun jaringan internet dengan menggunakan komputer Apple II dihubungkan dengan jaringan komunikasi memakai link radio amatir untuk mengoperasikan internet. |
1988 | Program studi ilmu komputer untuk jenjang S-2 dibuka di UI. |
1988 s/d 1989 | UI dipilih menjadi gateway internet pertama di sekaligus sebagai koordinator pendaftaran domain .id internet protokol berbasis UUC. |
1990-an | Mulai dikembangkannya jaringan komputer dengan menggunakan teknologi packet radio pada band 70 cm dan 2 m secara luas. |
1986 s/d 1993 | PUSILKOM UI ditunjuk oleh Depdikbud sebagai salah satu Pusat Antar universitas ( |
1993 | · Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UI diresmikan oleh Mendikbud. · mengguankan protocol TCP/IP dan domain .id mulai diakui keberadaanya di internet tepatnya pada tanggal 4 Maret 1993. · IPTEKNET menjadi situs pertama yang resmi terhubung dengan internet. |
1994 | Munculnya Internet Service Provider (ISP) pertama di |
1995 | · PT Telkom melalui divisi riset dan teknologi memberikan sambungan leased line 14,4 Kbps sebagai bagian dari IPTEKNET. · Departemen Pekerjaan Umum tercatat sebagai instansi departemen pemerintah |
1996 | · ITB terhubung ke jaringan penelitian Interconnection Initiatives (AI3). Bandwidth internet pun di tambah sampai 1,5 Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet dan IIX 2 Mbps. · Terbentuknya APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet · Munculnya layanan internet dial up dengan akses 33,6 Kbps. |
1997 | Layanan internet dial up mengalami kenaikan dari 33,6 Kbps menjadi rata-rata 56 Kbps. |
1998 | Pemerintah daerah mulai masuk ke internet. Pemda pertama yang melakukan koneksi ke internet adalah Pemerintah Daerah Samarinda (www.samarinda.go.id). |
1999 | · Dikeluarkannya UU tentang telekomunikasi no. 36/1999. · Inisiatif gerakan berbasis teknologi informasi mulai mencapai puncaknya. · Perusahaan dotcom dan media-media yang memiliki segmen pendidikan teknologi informasi bermunculan di · Kegiatan promosi, pameran, seminar, dan konferensi internasional teknologi informasi di selenggarakan secara beruntun. |
2002 | Secara resmi pemerintah nasional pada tanggal 20 Mei 2002 dengan alamat www.indonesia.go.id. |
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi
komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis
aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains, Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa, Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi, Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum, Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
5. Aplikasi di bidang perbankan, Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
6. Aplikasi di bidang pendidikan, Contohnya adalah e-learning (distance learning).
7. Aplikasi di bidang pemerintahan, Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).