Kamis, 26 Juni 2008

Macam-macam USB Device

Dengan 4 hingga 6 buah port USB, terkadang jumlah tersebut telah dirasa kurang, hal ini disebabkan karena semakin banyak jenis devais USB(alat yang menggunakan USB port sebagai media antarmuka dengan komputer). Kemudahan penggunaan USB, tidak saja mempopulerkan port USB tetapi juga mempopulerkan devais-devais USB. Tanpa keberadaan USB mungkin bentuk mp3 player tidak sesederhana bentuknya saat ini.
Berikut adalah sejumlah alat yang merupakan USB devais.

1. Flash Disk
Flashdisk adalah USB devais yang paling popular, keberadaannya menggantikan peran disket sebagai penyimpan data pribadi. Kapasitasnya cukup besar dan semakin hari harganya makin murah.

2. MP3 Player
MP3 player selain berfungsi sebagai mesin untuk mendengarkan file mp3, sekaligus dapat digunakan sebagai media penyimpan seperti flash disk.

3. Harddisk eksternal
Harddisk eksternal berfungsi sebagai media penyimpan dengan kapasitas yang besar, sama seperti harddisk pada umumnya. Harddisk eksternal yang umum ditemui adalah sebuah harddisk laptop yang dilengkapi konektor USB agar dapat digunakan setiap saat, tanpa perlu melakukan proses restart, seperti apabila kita menggunakan hardisk internal.





4. Kamera Digital
Kamera dijital menyimpan data hasil foto ke dalam file dijital. Umumnya kamera dijital juga telah dilengkapi dengan konektor ke USB.

5. Ipod Nano
Ipod Nano pada dasarnya adalah sebuah mp3 player dengan sejumlah kelebihan seperti kualitas suara yang dihasilkannya sangat baik.



6. Mouse dan keyboard USB
Mouse dan kibor saat ini juga telah banyak yang menggunakan USB sebagai port interface ke komputer.

7. Hub USB
Hub USB adalah alat yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah USB devais yang dapat dikoneksikan ke komputer dengan cara menyediakan port USB tambahan.





yang telah beralih menggunakan port USB sebagai media koneksi ke komputer, handycam dijital juga telah menggunakan USB untuk memindahkan film digital. Alat lain yang relative baru muncul adalah Infra red receiver/transmitter atau Bluetooth receiver/transmitter yang juga menggunakan USB sebagai port antarmuka. Dan masih banyak lagi alat-alat lainnya.

Selasa, 17 Juni 2008

armored 2 nexus core






DUNIA ANAK - ANAK TERCEMAR NARKOBA

Narkoba tidak pandang bulu, siapa pun bisa menjadi korbannya tak terkecuali anak-anak dan remaja. Dari 4 juta pengguna narkoba, 70 persen di antaranya adalah mereka yang berusia 14 hingga 20 tahun. Mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut laporannya.

Tak salah jika kita mengatakan dunia anak-anak dan remaja adalah masa yang paling indah. Jika kita isi dengan hal-hal yang menyenangkan namun dunia ini akan menjadi neraka ketika mereka terjebak dalam lingkaran setan narkoba.

Lihat saja anak-anak ini rata-rata mereka yang terlibat narkoba ini telah terlibat sejak usia dini. Awalnya mereka menjadi korban kemudian secara kecil-kecilan menjadi pengedar atau kurir. Biasanya anak-anak ini mulai mencoba menghisap ganja, kemudian berlanjut kepada obat-obatan jenis psikotropika lainnya. Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan akan obat terlarang ini. Mereka bisa menjadi pengedar kecil-kecilan.

Keterlibatan anak-anak ini juga dikarenakan mudahnya mereka mendapatkan barang-barang haram ini. Mulai dari nongkrong-nongkrong di warung hingga mendatangi langsung sang bandar untuk membelinya.

Tak bisa dipungkiri anak-anak turut menjadi korban obat-obatan terlarang. Ironisnya, mereka yang rentan terkena kasus narkoba ini biasanya akibat pengaruh lingkungan seperti mereka yang biasa hidup di jalan dan permukiman kumuh.

Menurut penelitian organisasi perburuhan internasional sekitar 20 persen anak-anak di Jakarta terlibat dan menjadi korban narkoba. Kendati data pertahunnya tersangka kasus anak-anak menurun namun tetap saja mengkhawatirkan.

Selain kepolisian, orang tua tentunya harus menjadi ujung tombak dalam perang melawan narkoba ini. Pasalnya deteksi awal gejala pengguna narkoba bisa dilakukan oleh orang tua para pengguna narkoba ini biasanya menunjukkan gejala menyendiri takut dengan orang lain, mudah tersinggung dan sulit diajak bicara. Tentunya peran masyarakat harus lebih besar dalam mencegah peredaran barang haram ini.

PETA NARKOTIKA




Jalur Distribusi Narkoba ke/dari Indonesia sekarang ini sudah memperlihatkan suatu jaringan peredaran gelap narkoba yang semakin meluas. Hal ini ditandai dengan banyaknya daerah/kota-kota di Indonesia menjadi sasaran sindikat pengedar Narkoba.

Jakarta sebagai salah satu kota terbesar di Asia Tenggara sudah menjadi kota transit dari masuknya barang haram Narkoba seperti Heroin, Morphin, Cocain, Shabu-shabu maupun Obat-obatan berbahaya yang berasal dari China, Afganistan, Pakistan, Thailand dan sebagian negara-negara di Afrika. Dari sejumlah negara pemasok Narkoba itu selanjutnya barang-barang haram tersebut di distribusikan/diedarkan ke seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke Luar negeri.

Untuk lebih jelas mengenai jalur distribusi peredaran Narkoba baik ke/dari Indonesia lihat gambar illustrasi peta di bawah ini.

Gambar illustrasi peta di bawah ini akan memperlihatkan secara lebih jelas, jalur distribusi Narkoba (seperti Jalur distribusi Ganja, Heroin/Morphin, Kokain dan Shabu-shabu) baik itu jalur sumber barang haram berasal maupun jalur peredaran gelapnya (yang ke/dari Indonesia).



PENYIMPANAN DATA

PENYIMPANAN DATA

Dasar susunan media penyimpanan ialah kecepatan, biaya, sifat volatilitas. Caching menyalin informasi ke media penyimpanan yang lebih cepat; Memori utama dapat dilihat sebagai cache terakhir untuk media penyimpanan sekunder. Menggunakan memori berkecepatan tinggi untuk memegang data yang diakses terakhir. Dibutuhkan cache management policy. Cache juga memperkenalkan tingkat lain di hirarki penyimpanan. Hal ini memerlukan data untuk disimpan bersama-sama di lebih dari satu level agar tetap konsisten.

Gambar 1.1 Penyimpana Hirarki



Register

Tempat penyimpanan beberapa buah data volatile yang akan diolah langsung di prosesor yang berkecepatan sangat tinggi. Register ini berada di dalam prosesor dengan jumlah yang sangat terbatas karena fungsinya sebagai tempat perhitungan/komputasi data.

Cache Memory

Tempat penyimpanan sementara (volatile) sejumlah kecil data untuk meningkatkan kecepatan pengambilan atau penyimpanan data di memori oleh prosesor yang berkecepatan tinggi. Dahulu cache disimpan di luar prosesor dan dapat ditambahkan. Misalnya pipeline burst cache yang biasa ada di komputer awal tahun 90-an. Akan tetapi seiring menurunnya biaya produksi die atau wafer dan untuk meningkatkan kinerja, cache ditanamkan di prosesor. Memori ini biasanya dibuat berdasarkan desain memori statik.
Random Access Memory

Tempat penyimpanan sementara sejumlah data volatile yang dapat diakses langsung oleh prosesor. Pengertian langsung di sini berarti prosesor dapat mengetahui alamat data yang ada di memori secara langsung. Sekarang, RAM dapat diperoleh dengan harga yang cukup murah dangan kinerja yang bahkan dapat melewati cache pada komputer yang lebih lama.
Memori Ekstensi

Tambahan memori yang digunakan untuk membantu proses-proses dalam komputer, biasanya berupa buffer. Peranan tambahan memori ini sering dilupakan akan tetapi sangat penting artinya untuk efisiensi. Biasanya tambahan memori ini memberi gambaran kasar kemampuan dari perangkat tersebut, sebagai contoh misalnya jumlah memori VGA, memori soundcard.

Direct Memory Access

Perangkat DMA digunakan agar perangkat M/K (I/O device) yang dapat memindahkan data dengan kecepatan tinggi (mendekati frekuensi bus memori). Perangkat pengendali memindahkan data dalam blok-blok dari buffer langsung ke memory utama atau sebaliknya tanpa campur tangan prosesor. Interupsi hanya terjadi tiap blok bukan tiap word atau byte data. Seluruh proses DMA dikendalikan oleh sebuah controller bernama DMA Controller (DMAC). DMA Controller mengirimkan atau menerima signal dari memori dan I/O device. Prosesor hanya mengirimkan alamat awal data, tujuan data, panjang data ke pengendali DMA. Interupsi pada prosesor hanya terjadi saat proses transfer selesai. Hak terhadap penggunaan bus memory yang diperlukan pengendali DMA didapatkan dengan bantuan bus arbiter yang dalam PC sekarang berupa chipset Northbridge.

Media penyimpanan data yang non-volatile yang dapat berupa Flash Drive, Optical Disc, Magnetic Disk, Magnetic Tape. Media ini biasanya daya tampungnya cukup besar dengan harga yang relatif murah. Portability-nya juga relatif lebih tinggi.

Pada standar arsitektur sequential komputer ada tiga tingkatan utama penyimpanan: primer, sekunder, and tersier. Memori tersier menyimpan data dalam jumlah yang besar (terabytes, atau 1012 bytes), tapi waktu yang dibutuhkan untuk mengakses data biasanya dalam hitungan menit sampai jam. Saat ini, memori tersiser membutuhkan instalasi yang besar berdasarkan/bergantung pada disk atau tapes. Memori tersier tidak butuh banyak operasi menulis tapi memori tersier tipikal-nya write ones atau read many. Meskipun per-megabites-nya pada harga terendah, memory tersier umumnya yang paling mahal, elemen tunggal pada modern supercomputer installations.

Ciri-ciri lain: non-volatile, penyimpanan off-line , umumnya dibangun pada removable media contoh optical disk, flash memory.

Pengetahuan Umum / Dasar Tentang Stuktur Sistem Komputer

GPU = Graphics Processing Unit;
AGP = Accelerated Graphics Port;
HDD = Hard Disk Drive;
FDD = Floppy Disk Drive;
FSB = Front Side Bus;
USB = Universal Serial Bus;
PCI = Peripheral Component Interconnect;
RTC = Real Time Clock;
PATA = Pararel Advanced Technology Attachment;

SATA = Serial Advanced Technology Attachment;
ISA = Industry Standard Architecture;
IDE = Intelligent Drive Electronics/Integrated Drive Electronics;
MCA = Micro Channel Architecture;
PS/2 = Sebuah port yang dibangun IBM untuk menghubungkan mouse ke PC;

Sejarah Perkembangan SO....!!!!

Arsitektur perangkat keras komputer tradisional terdiri dari empat komponen utama yaitu "Prosesor", "Memori Penyimpanan", "Masukan" (Input), dan "Keluaran" (Output). Model tradisional tersebut sering dikenal dengan nama arsitektur von-Neumann (Gambar 1.2, “Arsitektur Komputer von-Neumann”). Pada saat awal, komputer berukuran sangat besar sehingga komponen-komponennya dapat memenuhi sebuah ruangan yang sangat besar. Sang pengguna – menjadi programer yang sekali gus merangkap menjadi menjadi operator komputer – juga bekerja di dalam ruang komputer tersebut.

Walaupun berukuran besar, sistem tersebut dikategorikan sebagai "komputer pribadi" (PC). Siapa saja yang ingin melakukan komputasi; harus memesan/antri untuk mendapatkan alokasi waktu (rata-rata 30-120 menit). Jika ingin melakukan kompilasi Fortran, maka pengguna pertama kali akan me-load kompilator Fortran, yang diikuti dengan "load" program dan data. Hasil yang diperoleh, biasanya berbentuk cetakan (print-out). Timbul beberapa masalah pada sistem PC tersebut. Umpama, alokasi pesanan harus dilakukan dimuka. Jika pekerjaan rampung sebelum rencana semula, maka sistem komputer menjadi "idle"/tidak tergunakan. Sebaliknya, jika perkerjaan rampung lebih lama dari rencana semula, para calon pengguna berikutnya harus menunggu hingga pekerjaan selesai. Selain itu, seorang pengguna kompilator Fortran akan beruntung, jika pengguna sebelumnya juga menggunakan Fortran. Namun, jika pengguna sebelumnya menggunakan Cobol, maka pengguna Fortran harus me-"load". Masalah ini ditanggulangi dengan menggabungkan para pengguna kompilator sejenis ke dalam satu kelompok batch yang sama. Medium semula yaitu punch card diganti dengan tape.

Gambar 1.1. Arsitektur Komputer von-Neumann




Selanjutnya, terjadi pemisahan tugas antara programer dan operator. Para operator biasanya secara eksklusif menjadi penghuni "ruang kaca" seberang ruang komputer. Para programer yang merupakan pengguna (users), mengakses komputer secara tidak langsung melalui bantuan para operator. Para pengguna mempersiapkan sebuah job yang terdiri dari program aplikasi, data masukan, serta beberapa perintah pengendali program. Medium yang lazim digunakan ialah kartu berlubang (punch card). Setiap kartu dapat menampung informasi satu baris hingga 80 karakter Set kartu job lengkap tersebut kemudian diserahkan kepada para operator.

Gambar 1.2. Bagan Sebuah Komputer Personal



Perkembangan Sistem Operasi dimulai dari sini, dengan memanfaatkan sistem batch (Gambar 1.3, “Bagan Memori Untuk Sistem Monitor Batch Sederhana”). Para operator mengumpulkan job-job yang mirip yang kemudian dijalankan secara berkelompok. Umpama, job yang memerlukan kompilator Fortran akan dikumpulkan ke dalam sebuah batch bersama dengan job-job lainnya yang juga memerlukan kompilator Fortran. Setelah sebuah kelompok job rampung, maka kelompok job berikutnya akan dijalankan secara otomatis.


Gambar 1.3. Bagan Memori Untuk Sistem Monitor Batch Sederhana



Pada perkembangan berikutnya, diperkenalkan konsep Multiprogrammed System. Dengan sistem ini job-job disimpan di memori utama di waktu yang sama dan CPU dipergunakan bergantian. Hal ini membutuhkan beberapa kemampuan tambahan yaitu: penyediaan I/O routine oleh sistem, pengaturan memori untuk mengalokasikan memori pada beberapa Job, penjadwalan CPU untuk memilih job mana yang akan dijalankan, serta pengalokasian perangkat keras lain (Gambar 1.3, “Bagan Memori Untuk Sistem Monitor Batch Sederhana”).

Peningkatan lanjut dikenal sistem "bagi waktu"/"tugas ganda"/"komputasi interaktif" (Time-Sharing System/ Multitasking/ Interactive Computing). Sistem ini, secara simultan dapat diakses lebih dari satu pengguna. CPU digunakan bergantian oleh job-job di memori dan di disk. CPU dialokasikan hanya pada job di memori dan job dipindahkan dari dan ke disk. Interaksi langsung antara pengguna dan komputer ini melahirkan konsep baru, yaitu response time yang diupayakan wajar agar tidak terlalu lama menunggu.

Hingga akhir tahun 1980-an, sistem komputer dengan kemampuan yang "normal", lazim dikenal dengan istilah main-frame. Sistem komputer dengan kemampuan jauh lebih rendah (dan lebih murah) disebut "komputer mini". Sebaliknya, komputer dengan kemampuan jauh lebih canggih disebut komputer super (super-computer). CDC 6600 merupakan yang pertama dikenal dengan sebutan komputer super menjelang akhir tahun 1960-an. Namun prinsip kerja dari Sistem Operasi dari semua komputer tersebut lebih kurang sama saja.

Komputer klasik seperti diungkapkan di atas, hanya memiliki satu prosesor. Keuntungan dari sistem ini ialah lebih mudah diimplementasikan karena tidak perlu memperhatikan sinkronisasi antar prosesor, kemudahan kontrol terhadap prosesor karena sistem proteksi tidak, teralu rumit, dan cenderung murah (bukan ekonomis). Perlu dicatat yang dimaksud satu buah prosesor ini ialah satu buah prosesor sebagai Central Processing Unit (CPU). Hal ini ditekankan sebab ada beberapa perangkat yang memang memiliki prosesor tersendiri di dalam perangkatnya seperti VGA Card AGP, Optical Mouse, dan lain-lain.

Senin, 16 Juni 2008

Instalasi Windows XP....Yux...!!!

INSTALASI WINDOWS XP
Proses Instalasi :
1.Masukan CD installer Windows Xp kedalam Cd room anda.
2.Restar computer.
3.pilih booting awal ke Cd room
Untuk mengganti booting awal ke cd room anda bisa masuk ke bios dengan cara restart computer lalu tunggu tulisan Pres Del to enter setup, dan anda harus menekan tombol Del yang ada di keyboard. Otomatis tampilan layar monitor akan menuju bios biasanya warna biru, kemudian anda cari sub menu yang memanagement booting (biasanya sub menu advance bios feature-boot sequence).



Jika Motherboat anda keluaran terbaru untuk mengganti booting awal ke cd room anda cukup menekan tombol F8 atau F10 atau F11, tentunya setelah anda restart.
Jika anda masih belum mengerti tanyakan pada teman anda yang menurut anda mengetahui sedikit banyak tentang cara mengganti booting awal ke cd room.
Dan jika teman anda pun gak ada yang mengerti, sebaiknya tutup artikel ini, lalu anda cuci kaki dan gosok gigi kemudian tidur saja.
4.Setelah proses booting berhasil kemudian ada tulisan pres any key to boot from cd, maka anda harus menekan salah satu tombol di keyboard anda (misal tekan enter), setelah itu layar computer otomatis menjadi warna biru.
5.Anda akan berada pada layar window setup (tulisan window setup berada dipojok kiri atas), tunggu

6.kemudian muncul layar window xp proses setup (tulisan ini juga berada pada pojok kiri atas).dilayar ini anda akan dihadaokan pada pilihan seperti :
To setup window xp press ENTER
To repair winows xp installing using recovery……, press R
To quit setup……… press F3
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan ENTER
7.Lalu anada dihadapkan pada layar window xp licenci agreement
Pada layar ini anda pilih/tekan F8
8.Kemudian anda dihadapkan lagi pada layar windowxp process setup, dilayar ini terdapat juga pilihan-pilihan seperti :
To repair, press R
To continue , press ESC (escape)
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang kedua yaitu anda tekan ESC.
9.Kemudian anda dihadapkan lagi pada pilihan-pilihan, seperti :
To setup, press ENTER
To create……., Press C
To delete……., Press D
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan ENTER
10.Kemudian anda juga akan dihadapkan kembali pada pilihan-pilihan, seperti :
To Continue, Press C
To Select Different….., Press ESC
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan C
11.Lalu ada pilihan-pilihan lagi, seperti :
..........NTFS (Quick)
……..FAT (Quick)
……..NTFS
……..FAT
……...Confert to NTFS/FAT
……..Leave No Change.
Pada pilihan-pilihan tersebut terserah anda mau pilih yang mana tergantung anda apakah mau memakai system NTFS atau sytem FAT
Tetapi penulis biasanya memakai sytem FAT, karena FAT bisa dibaca pada System Windows 98.
Jadi pada pilihan tersebut diatas, pilih pilihan ke dua yaitu memakai System FAT. Tuliasan Quick berarti saat anda memformat Drive C tersebut Prosesnya Cepat.
12.Kemudian anda dahadapkan lagi pada pilihan-pilihan seperti :
To Format, Press F
To Select..., Press ESC
pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan F
13.Lalu tekan ENTER, ENTER……
14.Anda tunggu Proses tersebut.
15.Nanti pada saat kurang lebih pada menit ke 33 akan muncul windows baru yaitu system meminta Serial Number, Waktu dan Area/Zona (pada saat memilih area/zona pilih GMT+7 yaitu area Jakarta)…..next
16.Tunggu Proses Instalasi……….
17.Pada Saat Komputer Restart anda jangan menekan apa-apa sampai proses instalasi tersebut selesai.
18.Setelah proses instalasi selesai, kemudian anda install Drivernya.
19.Selesai
20.Baca Alhamdulillah.


SiStEm OpErAsI....!!!

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop
Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan
Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000,
Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun
2007)).
MICROSOFT WINDOWS VERSI SEKARANG:


Sudah dirilis

* 16-bit, berjalan di atas MS-DOS
o 1985 November - Windows 1.0
o 1987 9 Desember - Windows 2.0
o 1990 22 Mei - Windows 3.0
o 1992 Agustus - Windows 3.1
o 1992 Oktober - Windows for Workgroups 3.1
o 1993 November - Windows for Workgroups 3.11




* Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya)
o 1995 24 Agustus - Windows 95 (Versi: 4.00.950)
o 1998 25 Juni - Windows 98 (Versi: 4.1.1998)
o 1999 5 Mei - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)
o 2000 19 Juni - Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)
* Berbasis kernel Windows NT
o 1993 Agustus - Windows NT 3.1
o 1994 September - Windows NT 3.5
o 1995 Juni - Windows NT 3.51
o 1996 29 Juli - Windows NT 4.0
o 2000 17 Februari - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
o 2002 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
o 2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
o 2007 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000)

2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO
UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X
(berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan
GNU/Hurd.
UNIX DI INDONESIA
Di Indonesia Unix digunakan sebagai Server aplikasi, produk yang beredar di pasaran antara lain IBM AIX, HP UX, Sun Solaris. Masing-masing produk ini umumnya memiliki pasar tersendiri seperti Sun Solaris yang digunakan pada operator telekomunikasi selular, HP UX pada manufaktur dan distribusi. Fungsi Unix sebagai workstation kurang populer mengingat harganya yang mahal.

JENIS _ JENIS UNIX
UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.

Nama varian UNIX Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
A/UX :Apple Computer
Domain/X :Apple Computer
Darwin :Apple Computer (modifikasi yang dilakukan oleh Apple dari
kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).
CTIX :Convergent Technology
Distrix :Convergent Technology
UniCOS :Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics
Incorporated)
DG/UX :Data General Corporation
Digital UNIX :Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq,
sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Ultrix :Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq.
sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
CLIX :Fairchild Company
HP/UX :Hewlett-Packard
Tru64 :Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
AIX :International Business Machine (IBM) Corporation
Coherent :Mark William Company
XENIX :Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIX :Northern Telecom
UnixWare :Novell Incorporated
SCO UNIX :Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIX :Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO OpenServer :Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Dynix :Sequent
SINIX :Siemens Corporation/Nixdorf
IRIX :Silicon Graphics Incorporated (SGI)
SunOS :Stanford Universities Network (SUN)
Solaris :Sun Microsystems Incorporated
Eunice :The Wollongong Group
Uniplus+ :Unisoft Corporation
BSD UNIX :Universitas California (University of California) Berkeley,
Amerika Serikat
BSD/I :BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)
OSF/1 :Open Software Foundation
GNU/Linux :Free Software Foundation
GNU/Hurd :Free Software Foundation
FreeBSD : -
NetBSD : -
OpenBSD : -
NextStep :-
Minix :Universitas Terbuka Amsterdam (Vrije Universiteit
Amsterdam), Belanda
Mach :Universitas Carnegie Mellon (Carnegie Mellon University),
Amerika Serikat
UNIX System V :Lucent Technologies (Bell Labs)
QNX :QNX Software Systems


3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut
Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4
(Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Seperti di negara lain, kepopuleran iPod juga sudah menyebabkan "halo"
effect bagi komputer Mac di Indonesia. Telah bermunculan beberapa milis
fanatik Apple seperti Mac.web.id, id-Mac, dan id-Apple. Komunitas pengguna
produk Apple di Indonesia sempat disorot oleh acara e-Lifestyle" (Metro TV)
di beberapa episode yang berbeda.


Tidak seperti di Singapura atau Amerika Serikat, Apple tidak mempunyai kantor pusat di Indonesia.

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.


ApA sIcH BaSh & GmN CaRa PaKaInYa...???

Apa Itu Bash ? Bash adalah sebuah shell, atau interpreter perintah baris, untuk sistem operasi GNU. Namanya merupakan singkatan dari "Bourne-Again SHell", diambil dari nama Stephen Bourne, penulis shell Unix /bin/sh.

Bash sangat kompatibel dengan sh dan menyertakan fitur-fitur bermanfaat dari shell Korn (ksh) dan shell C (csh). Ia merupakan implementasi lengkap spesifikasi shell POSIX.2.

Fitur Bash

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Bash :

Pengeditan dan Pelengkapan
Bash menawarkan sebuah fasilitas pengeditan perintah baris yang mengijinkan user untuk mengedit perintah baris menggunakan perintah-perintah emacs atau vi. Pengeditan mengijinkan perbaikan dilakukan tanpa perlu menghapus hingga tempat kesalahan atau memulai baris baru. Fasilitas pengeditan mencakup sebuah fitur yang mengijinkan user untuk melengkapi perintah dan nama file.

Sejarah dan Pemasukan Kembali Perintah

Fitur sejarah Bash mengingat perintah-perintah yang dimasukkan ke shell dan memungkinkan mereka dipanggil kembali dan dieksekusi.

Kendali Kerja
Pada sistem yang mendukungnya, Bash menyediakan sebuah interface ke fasilitas kendali kerja sistem operasi, yang memungkinkan proses-proses untuk di-suspend dan dimulai kembali, dan memindahkan antara kerja foreground dan background.

Fungsi Shell dan Alias


Mekanisme ini tersedia untuk mengikatkan identifier yang dipilih user ke sebuah daftar perintah yang akan dieksekusi ketika identifier digunakan sebagai nama perintah. Fungsi-fungsi memungkinkan adanya variabel lokal dan rekursi, dan mempunyai akses ke lingkungan shell pemanggil. Alias dapat digunakan untuk membuat sebuah mnemonic untuk sebuah perintah, ekspansi sebuah kata tunggal menjadi perintah yang kompleks, atau memastikan bahwa sebuah perintah dipanggil dengan option yang tepat.

Array

Versi Bash yang lebih baru daripada bash-2.0 mendukung array terindeks dengan ukuran tidak terbatas. Subskrip untuk sebuah array adalah ekspresi aritmatika. Array dapat diberi nilai dengan sebuah sintaks penugasan campuran, dan beberapa fungsi built-in memiliki option untuk beroperasi pada variabel array.

Aritmatika
Bash memungkinkan user untuk melakukan aritmatika integer dalam sembarang basis mulai dari dua hingga enam puluh empat. Hampir semua operator aritmatika bahasa C tersedia dengan sistem dan presedensi yang sama. Ekspansi aritmatika memungkinkan sebuah ekspresi aritmatika untuk dievaluasi dan hasilnya dimasukkan ke perintah baris. Variabel shell dapat digunakan sebagai operand, dan nilai sebuah ekspresi dapat diberikan ke sebuah variabel.

Sebuah ekspresi aritmatika dapat digunakan sebagai sebuah perintah; status exit sebuah perintah adalah nilai ekspresi.

ANSI-C Quoting
Terdapat sintaks quoting baru yang memungkinkan backslash-escaped characters dalam string untuk diekspansikan menurut standar ANSI-C.

Kemampuan I/O Yang Diperluas

Bash menyediakan beberapa fitur input dan output yang tidak ada dalam sh, termasuk kemampuan untuk menspesifikasikan sebuah file atau deskriptor file untuk input dan output, baca atau tulis ke proses asinkronous menggunakan named pipes, membaca baris yang berakhiran dengan backslash, menampilkan sebuah prompt pada terminal sebelum pembacaan, format menu dan menginterpretasikan responnya ke mereka.

Keamanan
Bash menyediakan sebuah lingkungan shell yang dibatasi. Pengendalian eksekusi skrip setuid/setgid juga dimungkinkan.

Mode POSIX

Bash hampir sesuai dengan POSIX.2. Mode POSIX merubah beberapa bidang agar membuat perilaku Bash sesuai dengan standar. Dalam mode POSIX, Bash adalah POSIX.2 compliant.

Internasionalisasi

Bash menyediakan sebuah sintaks quoting baru yang memungkinkan string diterjemahkan menurut locale saat ini. Locale dapat pula dirubah, sehingga pesan shell dapat bersifat language-spesific.

Fasilitas pengeditan perintah baris memungkinkan input karakter delapan-bit, sehingga kebanyakan keluarga set karakter ISO-8859 didukung.

Cukup dengan basa-basinya, sekarang kita mulai membahas mengenai pemrograman skrip dengan menggunakan Bash. Saya harap anda semua masih bersama saya. :)

Membuat Skrip Shell

Shell skrip umumnya ditulis dengan menggunakan teks editor, misalnya vi atau emacs, yang biasanya terdiri dari perintah-perintah dan komentar. Komentar ditandai dengan tanda "#" dan terdiri dari teks yang memberitahu apa yang terjadi.

Berikut ini adalah contoh sebuah shell skrip sederhana :

#!/bin/bash

echo "Hello World"
echo "This is my first Bash script"

Simpanlah ke dalam file hello.sh. Kemudian anda dapat membuat skrip tersebut dapat dijalankan, dengan cara :

* Menjalankan bash hello.sh
* Merubah mode file tersebut menjadi dapat dieksekusi, chmod 755 hello.sh, kemudian jalankan dengan cara ./hello.sh

Baris pertama skrip di atas akan menandakan program yang akan mengeksekusi skrip. Baris ini biasanya disebut "shbang".

Simbol "#!" adalah simbol ajaib yang digunakan oleh kernel untuk mengindentifikasikan program yang akan menginterpretasi baris-baris skrip. Baris ini harus berada paling atas dalam skrip anda.

Baris ketiga akan mencetak string "Hello World" dan diakhiri dengan perpindahan baris. Baris keempat mencetak string "This is my first Bash script".

Mudah bukan, pertamanya sih kayaknya sulit tapi setelah dicoba ternyata nggak sukar k..Tapi jg berkat Mr. Rokib ?

Selanjutnya kita akan membahas mengenai variabel.
Variabel
Memberikan Nilai Variabel

Anda dapat menggunakan variabel sama seperti pada bahasa pemrograman lainnya. Dalam Bash tidak ada tipe data, sebuah variabel dalam Bash dapat berupa bilangan, karakter, atau string karakter.

Untuk membuat sebuah variabel, anda tidak perlu mendeklarasikannya terlebih dahulu, cukup dengan memberikan nilai kepada referensinya anda sudah membuat variabel. Perhatikan cuplikan berikut :

nama="Alexander Graham Bell"

Pada cuplikan di atas, anda telah membuat sebuah variabel nama yang berisikan nilai "Alexander Graham Bell".

Mengambil Nilai Variabel

Untuk mengambil nilai sebuah variabel, dapat dilakukan dengan cara memberikan tanda dolar di awal variabel sebagai berikut :

echo "$nama"

Variabel Lokal

Variabel lokal dapat dibuat dengan menggunakan kata kunci local.

local Hello="Hello World"

Mengambil Input User


Seringkali dalam menulis sebuah skrip diperlukan input dari user, untuk melakukan hal tersebut dapat digunakan perintah read.

read adalah sebuah perintah built-in yang membaca input dari terminal atau dari sebuah file hingga sebuah baris baru. Perintah read memiliki empat buah option untuk mengendalikan perilakunya : -a, -e,-p, dan -r.

Format Keterangan
read jawaban :Membaca sebuah baris dari input standar dan menyimpannya ke
variabel jawaban
read -a namaarray :Memasukkan daftar kata ke dalam array namaarray
read -e :Digunakan dalam shell interaktif dengan efek pengeditan perintah baris
read -p prompt :Menampilkan prompt, menunggu input, dan menyimpannya ke dalam
variabel REPLY
read -r line :Membolehkan input berisikan sebuah backslash

Berikut ini adalah sebuah contoh penggunaan perintah read di atas :
#!/bin/bash
# read.sh

echo -n "Masukkan nama anda : "
read nama
echo -e "Hallo $nama, Selamat Datang Di Linux"

Kemudian lakukan :

* Menyimpannya ke dalam file bernama read.sh.
* Membuat file tersebut dapat dieksekusi, dengan cara :

$ chmod a+x read.sh

Jika skrip di atas dijalankan, hasilnya akan tampak sebagai berikut :

\$ ./read.sh
Masukkan nama anda : Tux Si Penguin
Hallo Tux Si Penguin, Selamat Datang Di Linux

AritmatikaDalam bagian ini kita akan membahas mengenai operasi aritmatika dengan menggunakan Bash.

Integer
Perintah declare

Variabel-variabel dapat dideklarasikan sebagai sebuah integer dengan perintah declare -i. Jika anda berusaha untuk memberikan sembarang nilai string, bash akan mengisikan 0 ke variabel tersebut.

Operasi aritmatika dapat dilakukan pada variabel-variabel yang telah dideklarasikan sebagai integer. Jika sebuah variabel belum dideklarasikan sebagai integer, perintah let memungkinkan operasi aritmatika.

#!/bin/bash

declare -i num
num=1
num=5+num
echo $num

Hasil skrip di atas :

6

Perintah letPerintah let adalah sebuah perintah built-in yang digunakan untuk melakukan aritmatika integer dan pengujian ekspresi numerik.

Berikut ini adalah contoh penggunaan perintah let :

#!/bin/bash

num=1
let num=5+num
echo $num

Tanda kurung ganda dapat digunakan untuk menggantikan let pada Bash 2.x. Jadi skrip di atas dapat pula ditulis sebagai berikut :

#!/bin/bash

num=1
(( num+=5 ))
echo $num

Hasil kedua buah skrip di atas adalah :

6

Floating Point

Bash hanya mendukung operasi aritmatika pada integer, namun utilitas bc, awk dapat digunakan bila anda menginginkan perhitungan yang lebih kompleks.

Contoh :

#!/bin/bash
num=`echo "scale=3; 13 / 2" bc`
echo $num

Keterangan :

Output perintah echo di-pipe ke program bc. Skala diset ke 3, yang merupakan digit signifikan di belakang koma. Operasi yang dilakukan adalah pembagian 13 dengan 2. Seluruh pipeline diapit oleh tanda backquote (`). Substitusi perintah akan dilakukan dan hasilkan diberikan ke variabel num, yang kemudian dicetak ke layar.

Hasil skrip di atas adalah :

6.500

Kondisional
Hingga saat ini, kita telah membuat beberapa buah skrip yang menjalankan aksinya secara berurutan. Seringkali dalam melakukan pemrograman skrip dibutuhkan proses yang dapat mengambil keputusan untuk menjalankan suatu aksi atau tidak, keputusan ini diambil setelah mengevaluasi sebuah ekspresi.

Perintah test
Perintah test biasanya digunakan untuk mengevaluasi sebuah ekspresi.

Pada Bash 2.x, untuk memeriksa sebuah ekspresi dapat digunakan perintah test, atau ekspresi tersebut diapit dalam sejumlah bracket tunggal.

Perintah if

Bentuk dasar konstruksi if adalah sebagai berikut :

if [ekspresi]; then

kode_jika_ekspresi_benar

fi

Berikut ini adalah sebuah skrip sederhana yang menerapkan konstruksi di atas :

#!/bin/bash

echo -n "Masukkan sebuah password : "
read password
if [ $password = "eureka" ]; then
echo "you're right."
fi

Tampilan setelah skrip di atas dijalankan adalah sebagai berikut :

Masukkan sebuah password : eureka
you're right.

Perintah if/else

Bentuk dasar konstruksi if/else adalah sebagai berikut :

if [ekspresi]; then
kode_jika_ekspresi_benar
else
kode_jika_ekspresi_salah
fi

Dengan kembali menggunakan contoh di atas yang telah dimodifikasi :

#!/bin/bash

echo -n "Masukkan sebuah password : "
read password
if [ "$password" = "eureka" ]; then
echo "you're right."
else
echo "you're wrong."
fi

Hasil menjalankan skrip di atas :

Masukkan sebuah password : eureka
you're right.

Masukkan sebuah password : aha
you're wrong.

Perintah if/elif/else

Perintah if/elif/else memungkinkan sebuah proses pengambilan keputusan multi-cara. Jika kondisi yang mengikuti if gagal, kondisi yang mengikuti elif akan diuji. Jika berhasil, perintah setelah statemen then akan dieksekusi. Jika gagal, maka kondisi elif berikutnya akan diperiksa. Jika tidak ada yang sukses, perintah pada blok else akan dieksekusi.

Bentuk perintah ini adalah sebagai berikut :

if kondisi1
then
perintah
elif kondisi2
perintah
elif kondisi3
perintah
else
perintah
fi

Perintah case

Perintah case dapat digunakan sebagai alternatif perintah if/elif/else. Nilai variabel case dicocokkan dengan nilai1, nilai2, dan seterusnya, hingga ditemukan sebuah kecocokan. Ketika sebuah nilai cocok dengan variabel case, perintah-perintah yang mengikuti nilai tersebut dieksekusi hingga ditemukan tanda titik-koma ganda. Lalu eksekusi akan mulai setelah kata esac.

Jika variabel case tidak cocok, program akan mengeksekusi perintah setelah *), nilai baku hingga ;; atau esac ditemukan. Nilai *) berfungsi sama dengan statemen else pada kondisional if/else. Nilai case memungkinkan penggunaan wildcard shell dan tanda bar vertikal ($\vert$) untuk meng-OR-kan dua buah nilai.

Format perintah case adalah sebagai berikut :

case variabel in
nilai1)
perintah
;;
nilai2)
perintah
;;
*)
perintah
;;
esac

Looping

Looping digunakan bila anda ingin mengeksekusi suatu blok perintah berulang kali. Terdapat tiga buah konstruksi loop yang biasa digunakan, yaitu for, while, dan until.

Perintah for

Perintah for digunakan untuk melakukan perulangan dengan jumlah yang telah ditentukan sebelumnya.

Perintah for memiliki bentuk dasar sebagai berikut :

for ekspresi_kendali; do
perintah
done

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh skrip berikut ini :

#!/bin/bash
for i in $( ls ); do
echo "Nama file : "$i
done

Skrip di atas berfungsi untuk menampilkan file-file atau subdirektori-subdirektori yang ada pada direktori tempat skrip tersebut dijalankan.

Berikut ini adalah cuplikan hasil menjalankan skrip tersebut :

...
Nama file : songs
Nama file : ss12.jpg
Nama file : ssh-stream-tn.jpg
Nama file : ssh-stream.jpg
Nama file : sup.pdf
Nama file : suser-report.lyx
Nama file : tcp-stream-tn.jpg
Nama file : tcp-stream.jpg
Nama file : tcp.pdf
...

Perintah while

Perintah while digunakan untuk melakukan perulangan selama ekspresi kendali bernilai benar, ia akan berhenti ketika ekspresi kendali bernilai salah atau diberikan sebuah break eksplisit dalam kode program.

Perintah while memiliki bentuk dasar sebagai berikut :

while kondisi_ekspresi; do
perintah
done

Perhatikan contoh skrip dengan menggunakan while berikut :

#!/bin/bash
COUNTER=0
while [ $COUNTER -lt 5 ]; do
echo "counter = "$COUNTER
let COUNTER=COUNTER+1
done

Hasilnya :

counter = 0
counter = 1
counter = 2
counter = 3
counter = 4

Perintah until

Perintah until digunakan untuk melakukan perulangan selama ekspresi kendali bernilai salah, ia akan berhenti ketika ekspresi kendali bernilai benar atau diberikan sebuah break eksplisit dalam kode program.

Perintah until memiliki bentuk dasar sebagai berikut :

until kondisi_ekspresi; do
perintah
done

Berikut ini contoh sederhana penggunaan until :

#!/bin/bash
COUNTER=5
until [ $COUNTER -lt 0 ]; do
echo "counter = "$COUNTER
let COUNTER=COUNTER-1
done

Hasilnya :

counter = 5
counter = 4
counter = 3
counter = 2
counter = 1
counter = 0

Fungsi
Sama seperti pada bahasa pemrograman lainnya, anda dapat membuat sebuah fungsi untuk mengelompokkan kode yang berulang kali digunakan.

Untuk mendeklarasikan fungsi cukup dengan cara menuliskan function sebagai berikut :

function cetak()
{
...
}

Pada perintah di atas, kita mendeklarasikan sebuah fungsi dengan nama cetak.

Sementara untuk memanggilnya dapat kita lakukan dengan cara yang sama dengan cara pemanggilan program :

function keluar()
{
exit
}

function cetak()
{
echo "Hello World"
}

# utama
cetak
keluar



Nich Pak saya sudah dapat teorinya aja...kapan prakteknya...???
Masak saya harus belajar dasar-dasar linux ja.He....:-)



p3nG3nAlAn KoMpUt3r



Computer berasal dari kata to compute yang artinya menghitung. Maka Computer jika diterjemahkan secara bebas adalah alat yang dapat menghitung. Mengenai alat hitung sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Orang-orang primitif zaman dahulu menggunakan jari-jari tangannya dan jari-jari kakinya untuk menghitung jumlah ternak mereka. Kemudian saat jumlah ternak meningkat, mereka menggunakan batu kerikil untuk menghitung. Alat perhitungan yang dikenal sejak lama disebut Abacus. Di daratan Cina alat ini digunakan sejak 5000 SM. Seiring dengan berkembangnya akal manusia, maka diciptakan mesin hitung mekanik pertama pada tahun 1642 oleh seorang ahli fisika Perancis bernama Blaise Pascal. Mesin ini hanya dapat mengerjakan perhitungan penjumlahan dan pengurangan saja. Lalu pada tahun 1692 mesin ini disempurnakan oleh G. Wilhelm Von Liebnitz , seorang Jerman yang menambahkan fungsi perkalian dan pembagian.



Seiring dengan perkembangan tersebut, beberapa fihak kemudian memberikan definisi lain tentang komputer. Robert H. Bissmer misalnya mendifinisikan komputer sebagai

# suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input tersebut, lalu menyediakan dan menyimpan hasil pengolahan (output)

Menurut Donald H. Sanders, komputer adalah

# mesin penghitung elektronik yang cepat, dapat menerima input dan memprosesnya sesuai dengan program yang ada (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Sementara menurut ANSI atau American National Standrad Institute, komputer adalah

# suatu pengolah data yang dapat melakukan perhitungan atau operasi logika dengan cepat dalam skala besar.

Komputer pertama yang dipakai untuk menghitung Sensus Penduduk AS pada tahun 1880 adalah komputer buatan Dr. Herman Hollerith. Komputer ciptaannya ini menggunakan sistem kartu berlubang (Punch Card) sehingga perhitungan sensus bisa diselesaikan dalam 3 tahun (dibandingkan sebelumnya yang diselesaikan dalam 10 tahun bila dengan cara manual). Untuk penjelasan lebih komprehensif, baca artikel yang menjadi bagian dari buku ini atau buku-buku yang membahas sejarah komputer.

Banyak para ahli mengemukakan definisi mengenai komputer. Namun paling tidak, dalam unsur suatu komputer tersebut terdapat kesepakatan pengertian bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat bekerja secara otomatis, menggunakan program-program aplikasinya untuk mengolah data, baik data berupa angka, huruf atau gambar, sehingga berfungsi untuk membantu meringankan pekerjaan manusia.

Namun bagaimanakah sebuah komputer yang didalamnya berisi rangkaian chip elektronik itu dapat memproses data berupa angka, huruf atau gambar ? Jawabannya adalah arus listrik. Arus listrik ini mengalir melalui chip yang membentuk suatu kode yang dapat mewakili apapun - angka, huruf atau gambar - yang diciptakan oleh transistor-transistor yang terdapat dalam chip tersebut. Transistor-transistor ini bekerja memutuskan ("off") atau mengalirkan ("on") jutaan denyut listrik yang mengalir. Kode biner ini secara gampangnya dapat dinyatakan dengan : digit 1 untuk on dan 0 untuk off.

Maka proses bekerjanya suatu komputer secara sederhana dapat digambarkan seperti berikut :

INPUT ----> PROCESS ----> OUTPUT


dimana input adalah serangkaian tindakan dalam memasukkan data (dapat menggunakan media keyboard, mouse atau memanggil data yang terdapat atau tersimpan pada suatu media penyimpanan seperti disket dan/atau hard disk) yang kemudian diproses dalam suatu CPU (Central Processing Unit), dan hasilnya (output) ditampilkan dalam layar monitor atau hasil cetakan melalui printer dan PC Speaker untuk suara.

Komputer modern pada umumnya menggunakan listrik untuk pengoperasiannya. Komputer listrik Amerika pertama, ENIAC, dibuat tahun 1946 dan hanya mampu mengerjakan 5.000 operasi/detik. Namun karena tidak bisa menyimpan data, maka mesin ini tidak dianggap sebagai mesin komputer. Mesin Mark I dari Manchester University dianggap sebagai mesin komputer listrik pertama karena mampu menyimpan instruksi untuk mengerjakan serangkaian hitungan, walau kecepatan mesin ini hanya 800 hitungan/detik dan dipakai hanya selama 52 menit saja pada tanggal 21 Juni 1949. Ferranti Mark-I, pengembangan dari Mark-I dijual secara komersial di Eropa di tahun 1950. Bentuk fisik komputer pada masa itu masih besar (bahkan lebih besar dari lemari pakaian).

Seiring dengan perkembangan teknologi elektronik, kini bentuk komputer pun semakin dapat diperkecil namun dengan kemampuan lebih baik dari generasi komputer sebelumnya. Bermula dengan penggunaan dan pengembangan chip yang dilakukan oleh perusahaan Intel, dimulai dari chip processor 4-bit Intel-4004 dengan kecepataan 60.000 operasi /detik. Didalam chip terdapat 1900 transistor. Namun kelahiran komputer mikro baru ditandai dengan peralihan processor 4-bit ke 8-bit pada tahun 1972 ketika Intel memperdagangkan processor Intel-8008. Pesanan pun berdatangan terhadap chip ini. Kemampuan komputer mikro yang pada saat itu masih minim dan masih dianggap sebagai sebuah kit (rangkaian elektronik) mengakibatkan pemakaiannya hanya terbatas pada penggemar elektronik saja. Komputer waktu itu masih didominasi oleh komputer mainframe.

Tahun 1974 ketika Intel meluncurkan processor Intel-8080, dunia komputer mulai mengalami perubahan, ditandai dengan pengalamatan (address) memory hingga 64 kilobyte, kecepatan 10 X dari processor sebelumnya dan jumlah chip pendukung yang hanya tinggal 6 buah saja, maka komputer mikro mulai dilirik baik dari kalangan bisnis maupun masyarakat, tidak lagi terbatas pada penggemar elektronik saja. Kemampuannya yang mencapai 1 MIPS (million instructions per second) atau 1 juta operasi /detik menyebabkan kemampuan komputer mikro ini setara dengan komputer mainframe IBM 704.




Pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan Zilog, dengan processor Z-80 membuat komputer mikro tidak lagi dipandang sebagai "kit" lagi. Processor Z-80 mempunyai 2X kecepatan dari Intel-8080 dengan rangkaian instruksi sebanyak 176 buah. Dengan kemampuannya ini, Z-80 setara dengan kemampuan komputer mainframe IBM-7094. Para produsen komputer yang pada umumnya saingan IBM, yaitu Radio Shack, Apple, Sinclair, menggunakan processor untuk komputer buatan mereka. Penggunaan DRAM (Dynamic Random Access Memory) juga turut mempermurah harga komputer dibandingkan penggunaan SRAM (Static Random Access Memory). Alokasi penggunaan memory juga meningkat dari 64 Kb menjadi 128 Kb. Namun alokasi memory yang lebih besar tidak dimungkinkan mengingat keterbatasan processor Z-80 itu sendiri. Barulah ketika Intel mengeluarkan processor Intel-8086 dan 8088, batasan ini dapat diterjang dan bahkan menarik pemain besar yang sebelumnya berkutat pada pembuatan komputer mainframe saja, "The Big Blue" IBM (International Bussines Machine).


IBM PC (Personal Computer) yang diluncurkan tahun 1981 mendapat sambutan luar biasa. 800.000 ribu PC terjual tahun itu dan 2.000.000 PC pada tahun berikutnya. IBM PC-XT (Extended Technology) semakin menarik karena daya kemampuannya sama dengan komputer mainframe DEC PDP 1170 (di tahun 1975), ditambah penggunaan harddisk pertama kali untuk komputer mikro sebesar 10 MB. IBM kemudian merilis cetak biru rancangannya ke publik, sehingga mendorong pembuatan komputer cloning-nya (tiruan), yang biasa disebut sebagai IBM PC-compatible. Meningkatnya penjualan komputer PC dan tiruannya, juga didorong oleh semakin banyaknya pembuatan program untuk komputer PC, diantaranya Lotus Inc. dengan Lotus-123 dan Wordstar International Inc. dengan produk Wordstar-nya.


Penggunaan komputer PC yang tidak lagi hanya untuk keperluan pribadi, tetapi juga oleh kalangan bisnis dengan konsep multi-tasking (menjalankan beberapa software dalam satu saat sekaligus) menjadi dasar pengembangan lebih lanjut, ditandai dengan peluncuran IBM PC-AT (Advanced Technology) yang menggunakan processor Intel-80286 yang mempunyai kecepatan 1,5 juta operasi /detik. Kemampuannya ini sama dengan komputer mainframe VAX 11/780 dari DEC (di tahun 1979) yang menggunakan sistem operasi UNIX.

Ketika Intel memperkenalkan Intel-80386 yang mempunyai kecepatan 2 juta operasi /detik karena didukung oleh jumlah transistor yang lebih banyak (130.000 buah dalam 1 chip), ditambah dengan diperkenalkannya sistem operasi Windows dari Microsoft menjadikan industri komputer ramai. Sejak itulah Intel merajai arena pembuatan processor komputer. Saingan IBM, yaitu Compaq berhasil membuat konfigurasi yang sama dengan IBM PC-386 (1987) namun dengan harga yang lebih murah dan kemampuannya disejajarkan dengan komputer mainframe VAX-8600 (buatan tahun 1984). Pada tahun ini juga mulai diperkenalkan komputer jinjing yang waktu itu bentuknya masih sebesar koper (dua tahun kemudian, dipelopori oleh Toshiba Inc., bentuknya sudah dapat diperingkas menjadi sebesar buku, sehingga mendapat julukan notebook).



Penelitian Intel selama 4 tahun yang menelan biaya 300 juta dollar akhirnya sukses ketika Intel meluncurkan processor Intel-80486, processor dengan 1 juta transistor super-mini didalamnya. Selanjutnya sejarah mencatat, ketika Intel mengeluarkan processor Intel P54C, atau Pentium (lalu Pentium Pro, Pentium II, Pentium III dan Pentium-4), didukung dengan semakin banyak software dan para saingan Intel, seperti AMD (Advanced Micro Device), Cyrix, IIT, NextGen dan lain-lain yang juga ikut meramaikan processor komputer dengan rancangannya masing-masing (sebelumnya beberapa perusahaan ini membuat tiruan processor Intel) membuat kemampuan komputer dan peranannya dalam kehidupan manusia semakin tidak terelakkan lagi. Bahkan Alvin Tofler dalam salah satu buku best-seller nya meramalkan, bahwa suatu hari nanti, manusia tidak perlu lagi bekerja di kantor tetapi cukup dirumah saja dengan bantuan komputer dan networking (LAN atau WAN), sehingga harmonisasi dalam keluarga modern kembali dapat diwujudkan seperti halnya pada keluarga tradisional yaitu keluarga yang berkumpul di rumah.

Dari penjelasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa dahulu komputer bentuk fisiknya besar dan mahal, disebut mainframe. Mainframe adalah serangkaian sistem komputer sebesar lemari yang berjejer memenuhi suatu ruangan. Kemudian seiring dengan kemajuan teknologi, bentuk komputer menjadi lebih kecil, disebut mini-computer dan akhinya lebih kecil lagi, disebut micro-computer atau PC. Ketiga jenis komputer ini hingga kini masih tetap ada, hanya saja kemampuan pengolahannya sudah ribuan hingga jutaan kali lebih cepat. Contoh : Mainframe Cray-II (1998) dari Cray Computer Inc. kini disebut sebagai superkomputer paling cepat didunia, mengalahkan mainframe ENIAC (1946).


Apa jaringan komputer itu dan apa manfaatnya?

Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Pembatasan istilah otonom disini adalah untuk membedakan dengan sistem master/slave. Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya aktif atau tidak aktif dan mengontrolnya, maka komputer komputer tersebut tidak otonom. Sebuah sistem dengan unit pengendali (control unit) dan sejumlah komputer lain yang merupakan slave bukanlah suatu jaringan; komputer besar dengan remote printer dan terminalpun bukanlah suatu jaringan.

Manfaat Jaringan
Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.
Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.
Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

Ada tiga tipe jaringan yang umum yang digunakan antara lain :
* Jaringan WorkGroup,
* Jaringan Lan, dan
* Jaringan Wan.

Jaringan Workgroup
Jaringan ini terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan Network Interface Card atau yang biasa disebut dengan Local Area Network Card, serta dengan menggunakan kabel BNC maupun UTP. Semua unit komputer yang terhubung dapat mengakses data dari unit komputer lainnya dan juga dapat melakukan print document pada printer yang terhubung dengan unit komputer lainnya.
Keuntungan Jaringan Workgroup.
- Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
- Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua unit komputer (Printer Sharing).
- Akses data dari/ke unit komputer lain dapat di batasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan.
- Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
- Bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem




Jaringan LAN
LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.
Berdasarkan kabel yang digunakan ,ada dua cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP.
Keuntungan Jaringan LAN.- Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
- Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
- File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
- File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
- Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
- Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
- Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.


Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.




Jaringan WAN
WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.
Keuntungan Jaringan WAN.
- Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
- Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
- Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
- Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

dAsAr 2 LINUX...

any_command --help :Menampilkan keterangan bantu tentang pemakaian perintah. "--help" sama dengan perintah pada DOS "/h".

ls :Melihat isi file dari direktori aktif. Pada linux perintah dir hanya berupa alias dari perintah ls. Untuk perintah ls sendiri sering dibuatkan alias ls --color, agar pada waktu di ls ditampilkan warna-warna sesuai dengan file-filenya, biasanya hijau untuk execute, dsb.

ls -al
:Melihat seluruh isi file pada direktori aktif beserta file hidden, lalu ditampilkan layar per layar.

cd directory :
Change directory. Menggunakan cd tanpa nama direktori akan menghantarkan anda ke home direktori. Dan cd - akan menghantarkan anda ke direktori sebelumnya.

cp source destination :Mengopi suatu file

mcopy source destination :mcopy source destination
Mengcopy suatu file dari/ke dos filesystem. Contoh mcopy a:autoexec.bat ~/junk . Gunakan man mtools untuk command yang sejenis : mdir, mcd, mren, mmove, mdel, mmd, mrd, mformat....

mv source destination :Memindahkan atau mengganti nama file

ln -s source destination :
Membuat Simbolic Links, contoh ln -sf /usr/X11R6/bin/XF86_SVGA /etc/X11/X, membuat Simbolic link dari file XF86_SVGA ke X

rm files
:
Menghapus file

mkdir directory :
Membuat direktori baru
rmdir directory :
Menghapus direktori yang telah kosong
rm -r files
(recursive remove):
Menghapus file, direktori dan subdirektorinya. Hati-hati menggunakan perintah ini apabila anda login sebagai root, karena root dengan mudah dapat menghapus seluruh file pada sistem dengan perintah di atas, tidak ada perintah untuk undelete di Linux

more :
Untuk melihat isi suatu file, dengan tambahan perintah more, maka isi file tersebut ditampilkan layar per layar.
less filename :
Melihat suatu file layar per layar, dan tekan tombol "q" apabila ingin keluar,
pico filename
Edit: suatu text file.
pico -w filename :
Edit suatu text file, dengan menonaktifkan fungsi word wrap, sangat berguna untuk mengedit file seperti /etc/fstab.
lynx file.html:
Melihat file html atau browse ke net dengan text mode, dimana gambar/image tidak dapat ditampilkan, tapi lynx adalah suatu browser yang sangat cepat, sangat berguna bila anda hanya menginginkan suatu artikel tanpa image.
tar -zxvf filename.tar.gz :
Meng-untar sebuah file tar sekaligus meng-uncompress file tersebut (*.tar.gz atau *.tgz), untuk meletakkannya direktori yg diinginkan tambahkan option -C direktori, contoh tar -zxvf filename.tar.gz -C /opt (meletakkan file tersebut di direktori /opt
tar -xvf filename.tar :
Meng-untar sebuah file tar yang tidak terkompress (*.tar).
gunzip filename.gz :
Meng-uncompress sebuah file zip (*.gz" or *.z). dengan menggunakan gzip (juga zip atau compress) jika anda menginginkan mengompress file.
bunzip2 filename.bz2 :
Meng-uncompress file dengan format (*.bz2) dengan utiliti "bzip2", digunakan pada file yang besar.

unzip filename.zip :
Meng-uncompress file dengan format (*.zip) dengan utiliti "unzip" yang kompatibel dengan pkzip for DOS.

find / -name "filename" :
Mencari "namafile" pada komputer anda dimulai dengan direktori /. Namafile tersebut mungkin saja berisi wildcard (*,?).
locate filename :
Mencari file dengan string "filename". Sangat mudah dan cepat dari perintah di atas.
pine :
Email reader yang sangat mudah digunakan, dan menjadi favorit banyak pemakai mesin Unix: Atau anda bisa pakai email yang sangat customize, yaitu mutt ,
talk username1:
Berbicara dengan keyboard dengan user lain yg sedang login pada mesin kita (atau gunakan talk username1@machinename untuk berbicara dengan komputer lain). Untuk menerima undangan percakapan, ketikkan talk username2. Jika seseorang mencoba untuk berbicara dengan anda dan itu dirasakan mengganggu, anda bisa menggunakan perintah mesg n untuk menolak pesan tersebut. Dan gunakan perintah who atau rwho untuk melihat siapa user yang mengganggu tersebut.

mc:
Menjalankan "Morton Commander" ... eh... salah maksudnya "Midnight Commander" sebagai file manager, cepat dan bagus.

rlogin server:
(remote login) Menghubungkan anda kekomputer lain. Loginname dan password, tetapi apabila account anda tersebut telah dipakai, maka anda akan mendapatkan pesan kesalahan pada password anda. Sangat tidak aman juga, gunakan ssh sebagai gantinya.

pwd :
Melihat direktori kerja saat ini


id username :
Mencetak user id (uid) atau group id (gid)

date :
Mencetak atau merubah tanggal dan waktu pada komputer, contoh merubah tanggal dan waktu ke 2000-12-31 23:57 dengan perintah; date 123123572000

time :
Melihat jumlah waktu yg ditangani untuk penyelesaian suatu proses + info lainnya. Jangan dibingungkan dengan perintah date

who :
Melihat user yang login pada komputer kita.

rwho -a :
Melihat semua user yg login pada network anda. Layanan perintah rwho ini harus diaktifkan, jalankan setup sebagai root untuk mengaktifkannya.

free :
Informasi memory (dalam kilobytes).


df -h :
(=disk free) Melihat informasi pemakaian disk pada seluruh system (in human-readable form)

adduser :
Menambah pengguna.
clear :
Membersihkan layar.
lsmod :
(as root) Melihat module-module kernel yang telah di load.
echo $PATH :
Melihat isi dari variabel PATH. Perintah ini dapat digunakan untuk menampilkan variabel environmen lain dengan baik. Gunakan set untuk melihat environmen secara penuh.

dmesg :
Mencetak pesan-pesan pada waktu proses boot. (menampilkan file: /var/log/dmesg).


Macam-macam Topologi Jaringan:

Topologi Star
Beberapa simpul / node dihubungkan dengan simpul pusat/host, yang membentuk jaringan fisik seperti bintang, semua komunikasi ditangani langsung dan dikelola oleh host yang berupa mainframe komputer.

Topologi Hierarki
Berbentuk seperti pohon bercabang yang terdiri dari komputer induk(host) dihubungkan dengan simpul / node lain secara berjenjang. Jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengatur kerja jenjang dibawahnya (bercabang ke bawah)

Topologi Bus
Beberapa simpul / node dihubungkan dengan jalur data (bus). Masing-masing node dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yang berbeda, namun semua mempunyai hierarki yang sama.

Topologi Tree
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer

Topologi Ring
Secarta tidak langsung, topologi ini berbentuk seperti cincin. Bentuk ini merupakan gabungan dari bentuk topologi loop dan bus, jika salah satu simpul / node rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lain karena terpisah dari jalur data. Node-node yang lain masih akan saling terhubung.

Topologi Mesh
Topologi jaringan ini merupakan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1; n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.



TROPOLOGI JARINGAN

Untuk mendevelop Local Area Network (LAN) dibutuhkan suatu perencanaan atau bisa kita kenal sebagai topology. Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
Topologi ini mengacu dan mengadaptasi kepada keadaan jaringan yang ada di-lapangan (memungkinkan atau tidaknya digunakan salah satu topologi). Tapi keseluruhan grand design jaringan (pemilihan alat-alat, aksesoris, aktif / pasif device) dan kebijakan / policy yang akan diaplikasikan setelah selesainya suatu project, akan berdasarkan dari pemilihan bentukan Topologi Jaringan ini.

Macam-macam topologi :

• Topologi BUS



Keuntungan :
- Hemat kabel

- Layout kabel sederhana
- Mudah dikembangkan
Kerugian :
- Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
- Kepadatan lalu lintas
- Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

- Diperlukan repeater untuk jarak jauh
• Topologi TokenRING
Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simp
ul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.



Keuntungan :
- Hemat Kabel
Kerugian :
- Peka kesalahan
- Pengembangan jaringan lebih kaku
• Topologi STAR
Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.



Keuntungan :
• Paling fleksibel
• Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
• Kontrol terpusat
• Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
• Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian
• Boros kabel
• Perlu penanganan khusus
• Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis


aPa LiNuX ?

Linux merupakan sistem operasi yang fleksibel, dalam arti Linux bisa bekerja sendiri sebagai PC standalone, maupun sebagai workstation yang bisa bekerja sama dalam sebuah jaringan komputer. Bahkan bisa sebagai server merangkap workstation atau PC Client. Ini semua bisa dilakukan secara bersama-sama dalam satu PC.

Struktur Disk dan Partisi Harddisk
Pengertian tentang hardisk tidak hanya melulu mengenai sektor.Sektor merupakan bagian unit data terkecil dari harddisk, ukurannya adalah 512 bytes. Sektor pada hard disk ditandai dengan nomor dari 0 sampai dengan n-1.Sektor pertama, misalnya nomor 0, disebut juga dengan MBR (Master Boot Record), berisi antara lain tabel partisi. Sebagaimana sebutannya tabel ini berisi informasi mengenai partisi yang ada pada harddisk. Berisi maksimal 4 entry dibagi dalam 4 partisi yang disebut dengan partisi primer (primary partitions). Setiap entry pada tabel partisi berisi bermacam informasi, terutama nomor sektor saat dimulainya partisi, nomor akhir sektor dan juga type partisi. Biasanya type partisi berisi spesifikasi dari sistem file. Setiap sistem operasi mengenalinya, namun tidak selain itu.

Sebagai contoh, Windows menganggap setiap partisi yang dinyatakan sebagai FAT (File Allocation Table) pastilah berisi sistem file FAT. Ini berbeda dengan LINUX, kita dapat meletakkan sistem file ext2 pada partisi berlabel FAT dan melakukan setting tanpa masalah, jika Windows mungkin sudah crash.

Pada Windows, partisi pendek ini menjadi drive. Tapi ada bentuk khusus yang bisa menjadi partisi primer menjadi partisi sekunder atau partisi tambahan (extended partitions).

Partisi Tambahan (Extended Partitions)
Hanya ada 1 (satu) partisi sekunder pada setiap hard disk. Kehadiran partisi sekunder ini karena bermacam-macam alasan, pada dasarnya agar bisa mempartisi hard disk yang berkapasitas besar menjadi lebih dari 4 partisi. Kemudian, karena keterbatasan program fdisk pada DOS / Windows yang hanya bisa membuat 1 partisi primer pada setiap hard disk.
Keterbatasan Windows yang lain adalah: pada saat Windows 95 pertama kali diluncurkan, ternyata FAT16 tidak bisa mengatasa masalah kehadiran hard disk berkapasitas lebih dari 2 GB, pada saat itu harddisk berkapasitas lebih dari 2 GB sudah ada, sejak saat itulah digunakan partisi sekunder. Kehadiran FAT32 memperbaiki kelemahan tersebut.

Aturan Penamaan Disk dan Partisi
Penamaan disk dan partisi pada windows dan linux sangat berbeda. Perbedaan mendasar terletak pada kenyataan bahwa Windows tergantung pada bentuk partisi yang mengalokasikan huruf pada drive. Sedangkan linux tergantung pada posisi disk dalam jalurnya (IDE, SCSI) dan pada partisi setiap disk, namun tidak mengambil bentuk partisi dalam perhitungan keseluruhan.

Sistem File pada Linux
Sistem File pada Linux (ext2) sebagaimana Sistem File UNIX lainnya, tidak mengenal istilah drive seperti pada DOS atau Windows (contoh: Drive C:, Drive D: dan seterusnya). Sistem File Linux menggunakan sistem hierarki dan penyatuan (direktory dalam directory) yang memperlakukan semua file, directory dan device driver (termasuk disk drive, Floppy Disk dan CD-ROM Drive) sebagai file. Sistem File Linux / UNIX mendukung nama file sebanyak 256 karakter, tidak termasuk tanda simbol dan tanda kutip kecuali titik (.), dan tanda Minus (-). Tanda titik dapat digunakan berkali-kali dalam satu nama file, contoh :
ini.nama.file

Semua perintah di Linux bersifat Case-Sensitive (huruf besar dan kecil diartikan berbeda) dan menggunakan tanda / (slash) untuk menyatakan sebagai Directory. Ini berbeda dengan DOS/Windows yang menggunakan tanda \ (backslash).

Susunan hirarki dalam Sistem File UNIX/Linux adalah sebagai berikut :
/ : direktori root
/bin : berisi file-file perintah dasar dalam bentuk biner
/boot : berisi file-file dan informasi yang dibutuhkan dalam proses booting awal
/dev : berisi file-file perangkat pengendali (device driver)
/etc :berisi file-file tambahan yang rata-rata adalah untuk administrasi dan konfigurasi sistem
/home : direktori untuk pengguna (user) linux
/lib : berisi file-file kepustakaan (library)
/sbin : berisi file-file untuk superuser atau root dan file biner untuk startup sistem
/tmp : berisi file-file sementara / temporer
/usr : berisi file dan direktori untuk perintah tambahan baik dalam bentuk biner maupun script
/var : berisi file-file variabel (misalnya spooling untuk sistem, pencetak, mail) dan juga berisikan log
Penamaan Partisi pada Linux
Linux menggunakan lebih banyak metode logika untuk penamaan partisi. Pertama, tidak diletakkan pada account type partisi yang mungkin Anda punyai. Kedua, penamaan pada partisi tergantung pada disk mana ditempatkan. Untuk jelasnya seperti ini :
Primary Master dan Primary Slave pada peralatan IDE, tanpa membedakan apakah mereka hard disk, CD-ROM atau lainnya, masing-masing disebut dengan /dev/hda dan /dev/hdb
Pada interface kedua, masing-masing disebut dengan /dev/hdc dan /dev/hdd untuk master dan slave
Jika komputer Anda menggunakan peralatan IDE lainnya,misalnya kartu suara IDE, maka disebut dengan /dev/hde, /dev/hdf dan lain-lainnya
Partisi dinamai dengan nama sesudah disk atau di mana ditemukannya. Misalnya, partisi pada disk primary master IDE:
Partisi Primer dinamai dengan /dev/hda1 sampai dengan /dev/hda4 , jika ada
Partisi logika, dinamai dengan /dev/hda5, /dev/hda6 dan lain-lain tergantung pada tabel partisi logika
Sumber : buku Tip Dasar Pengoperasian dan Trik Setting Jaringan: R.Kresno Aji - Elex Media



Instalasi Linux Debian ETCH!!!

Cara nginstal linux debian agar windows nya g hilang:
Sebelumnya, buat partisi lewat Windows menggunakan Acronis.Partition.Expert.2003.
Sediakan partisi untuk instalasi linux debian etch. Partisi yang dibutuhkan adalah swap sebesar 512MB dan reiserFS sebesar (min) 5GB.
Sekarang kalian siap untuk memulai penginstallan.
1. Waktu booting awal, akan terdapat tulisan enter to boot. Tekan Enter untuk memulainya.

2. Choose your language
Pilih saja bahasa English biar mudah dipahami. Itung-itung belajar buat TOEFL
3. Choose your country, territory or area
Buat negara kita tercinta, pilih Other, kemudian Indonesia.
4. Keymap to use
Pake defaultnya aja. Jadi langsung tekan Enter.
5. Hostname
Tuliskan hostname untuk menamai komputer kalian, ato juga sebagai root. Defaultnya debian.




6. Domain
Isi domain untuk komputer kalian. Di sini aku isi computer.ee.its.ac.id.
7. Partitioning method
Di sini adalah proses utama yang sangat mematikan. Karena jika salah nge-‘click’, partisi Windows kalian akan ilang(!!!). Ni aku kasih tau sedikit cara menanganinya
Pilih Manually edit partition table
Kalian akan disuruh untuk mengotak-atik partisi HD.
8. Partition disks
Pilihlah partisi reiserFS yang telah kalian buat sebelumnya. Hapus partisi tersebut dengan memilih Delete the partition. Kemudian pilih kembali partisi tersebut untuk membuat partisi baru (Create a new partition) dan tentukan ukuran dari partisinya.
Langkah selanjutnya, pilih reiserFS pada Use as, format partisi (Format the partition), Mount point : /, Bootable flag : on. Berikutnya Done setting up the partition, dan akhiri dengan Finish partitioning and write changes to disk.
Use as : ReiserFS
Format the partition : yes
Mount point : /
Bootable flag : on
Done setting up the partition
Finish partitioning and write changes to disk
9. Select a city in your fine zone
Pemilihan ini digunakan untuk memilih time zone daerah kita. Kalo GMT+7 pilih Jakarta
10. Root password
Digunakan untuk password root.
11. Full name for the new user, Username for your account, User password
Digunakan untuk membuat nama user beserta passwordnya.
12. Use a network mirror
Untuk pertanyaan ini jawab aja No.
13. Choose software to install
Pilih defaultnya saja
Standard system
14. Install the GRUB boot loader to the master boot record?
GRUB (Grand Unified Bootloader) digunakan untuk memilih OS (Operating System) yang dijalankan pada saat pertama kali dinyalakan. Oleh karena itu, jawablah Yes agar bisa memilih OS yang diinginkan.
15. Installation complete
Restart!!!!
Penginstallan Linux Debian Etch selesai sudah.

Minggu, 15 Juni 2008

Kayak Apa Sih Jaringan Tanpa Kabel Itu(WireLess)?

Jaringan wireless: jaringan yang mengkoneksikan dua komputer atau lebih menggunakan sinyal radio, cocok untuk berbagi-pakai file, printer, atau akses Internet.

* Berbagi sumber file dan memindah-mindahkannya tanpa menggunakan kabel.

* Mudah untuk di-setup dan handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor atau di rumah.

* Produk dari produsen yang berbeda kadang-kadang tidak kompatibel.

* Harganya lebih mahal dibanding menggunakan teknologi ethernet kabel biasa.


Bila Anda ingin mengkoneksikan dua komputer atau lebih di lokasi yang sukar atau tidak mungkin untuk memasang kabel jaringan, sebuah jaringan wireless (tanpa kabel) mungkin cocok untuk diterapkan. Setiap PC pada jaringan wireless dilengkapi dengan sebuah radio tranceiver, atau biasanya disebut adapter atau kartu wireless LAN, yang akan mengirim dan menerima sinyal radio dari dan ke PC lain dalam jaringan. Anda akan mendapatkan banyak adapter dengan konfigurasi internal dan eksternal, baik untuk PC desktop maupun notebook.

Mirip dengan jaringan Ethernet kabel, sebuah wireless LAN mengirim data dalam bentuk paket. Setiap adapter memiliki nomor ID yang permanen dan unik yang berfungsi sebagai sebuah alamat, dan tiap paket selain berisi data juga menyertakan alamat penerima dan pengirim paket tersebut. Sama dengan sebuah adapter Ethernet, sebuah kartu wireless LAN akan memeriksa kondisi jaringan sebelum mengirim paket ke dalamnya. Bila jaringan dalam keadaan kosong, maka paket langsung dikirimkan. Bila kartu mendeteksi adanya data lain yang sedang menggunakan frekuensi radio, maka ia akan menunggu sesaat kemudian memeriksanya kembali.

Wireless LAN biasanya menggunakan salah satu dari dua topologi--cara untuk mengatur sebuah jaringan. Pada topologi ad-hoc--biasa dikenal sebagai jaringan peer-to-peer--setiap PC dilengkapi dengan sebuah adapter wireless LAN yang mengirim dan menerima data ke dan dari PC lain yang dilengkapi dengan adapter yang sama, dalam radius 300 kaki (�100 meter). Untuk topologi infrastruktur, tiap PC mengirim dan menerima data dari sebuah titik akses, yang dipasang di dinding atau langit-langit berupa sebuah kotak kecil berantena. Saat titik akses menerima data, ia akan mengirimkan kembali sinyal radio tersebut (dengan jangkauan yang lebih jauh) ke PC yang berada di area cakupannya, atau dapat mentransfer data melalui jaringan Ethernet kabel. Titik akses pada sebuah jaringan infrastruktur memiliki area cakupan yang lebih besar, tetapi membutuhkan alat dengan harga yang lebih mahal.

Walau menggunakan prinsip kerja yang sama, kecepatan mengirim data dan frekuensi yang digunakan oleh wireless LAN berbeda berdasarkan jenis atau produk yang dibuat, tergantung pada standar yang mereka gunakan. Vendor-vendor wireless LAN biasanya menggunakan beberapa standar, termasuk IEEE 802.11, IEEE 802.11b, OpenAir, dan HomeRF. Sayangnya, standar-standar tersebut tidak saling kompatibel satu sama lain, dan Anda harus menggunakan jenis/produk yang sama untuk dapat membangun sebuah jaringan.

Semua standar tersebut menggunakan adapter menggunakan segmen kecil pada frekuensi radio 2,4-GHz, sehingga bandwith radio untuk mengirim data menjadi kecil. Tetapi adapter tersebut menggunakan dua protokol untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengiriman sinyal:

* Frequency hopping spread spectrum, dimana paket data dipecah dan dikirimkan menggunakan frekuensi yang berbeda-beda, satu pecahan bersisian dengan lainnya, sehingga seluruh data dikirim dan diterima oleh PC yang dituju. Kecepatan sinyal frekuensi ini sangat tinggi, serta dengan pemecahan paket data maka sistem ini memberikan keamanan yang dibutuhkan dalam satu jaringan, karena kebanyakan radio tranceiver biasa tidak dapat mengikutinya.

* Direct sequence spread spectrum, sebuah metode dimana sebuah frekuensi radio dibagi menjadi tiga bagian yang sama, dan menyebarkan seluruh paket melalui salah satu bagian frekuensi ini. Adapter direct sequence akan mengenkripsi dan mendekripsi data yang keluar-masuk, sehingga orang yang tidak memiliki otoritas hanya akan mendengar suara desisan saja bila mereka menangkap sinyal radio tersebut.



Vendor wireless LAN biasanya menyebutkan transfer rate maksimum pada adapter buatan mereka. Model yang menggunakan standar 802.11 dapat mentransfer data hingga 2 megabit per detik, baik dengan metode frequency hopping atau direct sequence. Adapter yang menggunakan standar OpenAir dapat mentransfer data hingga 1,6-mbps menggunakan frequency hopping. Dan standar terbaru, HomeRF dapat mengirim dan menerima data dengan kecepatan 1,6-mbps (dengan menggunakan metoda frekuensi hopping). Wireless LAN kecepatan tinggi menggunakan standar 802.11b--yang dikenal sebagai WiFi--mampu mengirim data hingga 11-mbps dengan protokol direct sequence.